Edi Obama Dipercaya Kembali Jabat Ketua Demokrat Bireuen


-->

Iklan Utama

Edi Obama Dipercaya Kembali Jabat Ketua Demokrat Bireuen

_Pimred
Sabtu, 06 Maret 2021

Peunawa.com l Edi Obama menjelaskan, dirinya diundang oleh panitia KLB Partai Demokrat, karena dianggap sebagai salah satu kader terbaik Demokrat, yang diberhentikan tanpa proses pembinaan dari partai berlambang Mercy itu.

Hal itu juga diungkap Muhammad Azhari, Koordinator Pemenangan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dalam KLB yang berlangsung di Sibolangit, Sumatera Utara, Jumat 05 Maret 2021 kemarin.

“Kami sebagai kader Partai Demokrat, tidak ingin partai ini hancur. Karena itu, kami bersatu untuk mengembalikan cita-cita partai yang kami nilai sudah tidak sesuai lagi,” kata Muhammad Azhari.

Mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Aceh itu menuturkan, cita-cita Partai Demokrat itu terbuka, tidak ekslusif. Tapi, belakangan ini dinilai Partai Demokrat sudah condong kepada partai yang berbau dinasti dan terkesan dikelola oleh keluarga Itulah sebabnya, kami ingin menyelematkan Partai Demokrat sesuai dengan cita-cita awal pembentukannya. Kami bersama riabuan kader garis lurus lainnya ingin partai ini kembali terbuka dan mengakomodir kepentingan demokrasi kader,” jelasnya,

Selain itu, Azhari juga mengungkap, ada berbagai masukan dan desakan, termasuk dari Aceh, agar elit partai tidak semena-mena terhadap kader, termasuk sembarangan memecat kader yang menyuarakan haknya.

“Kader-kader yang ingin mengembalikan marwah partai, kader garis lurus termasuk dari Aceh seperti Pak Ketua Edi Obama, yang diberhentikan secara sepihak tanpa proses pembinaan terlebih dahulu,” tegasnya.

Ia menjelaskan, dulu tidak sembarangan memecat kader, apalagi kader-kader potensial seperti Edi Obama, tanpa melewati pembinaan dan sidang di Mahkamah Partai. “Kalau dulu ada Mahkamah Partai, dibina dulu dan diminta penjelasan di Mahkamah Partai, jika dianggap ada kesalahan,” bebernya.

Sementara saat ini Partai Demokrat di bawah kepemimpinan AHY, menggunakan Majelis Tinggi Partai yang dianggap condong kepada otoriter. “Untuk itu, kita membuka kembali Mahkamah Partai, kembali kepada AD/ART hasil Kongres tahun 2005 sesuai Undang-undang Partai Politik,” ujarnya.

Edi Obama sendiri merupakan Ketua DPC Partai Demokrat periode 2017-2022, yang diberhentikan oleh partai, diduga tanpa proses pembinaan dan meminta penjelasan terlebih dulu kepada yang bersangkutan.

Hasil KLB Demokrat Sumut, menetapkan kembali bahwa Edi Obama dipulihkan jabatannya sebagai Ketua Demokrat Bireuen. “Ini kami sedang mempersiapkan verifikasi di Kemenkumham. Insyaallah Senin nanti kita ke Kemenkumham,” kata Azhari.(*)

Sumber: Mediaresmi.com