Rektor Umuslim Buka Pembekalan Peserta KKM Tematik, Begini Harapannya


-->

Iklan Utama

Rektor Umuslim Buka Pembekalan Peserta KKM Tematik, Begini Harapannya

Rabu, 25 Agustus 2021

Rektor Umuslim,Dr.Marwan,MPd saat membuka pembekalan
Peserta Program KKM Tematik, Rabu(25/08/2021).


Peunawa.com | BIREUEN - Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen memberikan pembekalan   peserta KKM Tematik dengan tema "Membangun Desa dan Mengajar di Desa" pada Rabu(25/08/2021) diaula Ampon Chik Peusangan.

Kegiatan ini khususnya dilaksanakan pada dua Program Studi, yaitu Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP ) dan Prodi Agrotekhnologi Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. 

Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,M.Pd mengatakan Kegiatan ini merupakan amanah dari kemdikbud ristek melalui Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) yang dimenangkan oleh Universitas Almuslim melalui 2 (dua) program studi tersebut. 

"Hasil yang dicapai ini tentunya merupakan hasil kerja keras semua pihak, ini menjadi sejarah baru bagi Umuslim, ini menandakan bahwa Umusli, termasuk PTS yang hebat, jadi adik adik mahasiswa yang jadi peserta KKM Tematik juga orang hebat dan berkualitas",ujarnya Dr.Marwan,M.Pd mengutip Umuslim.ac.id.



Rektor juga mengajak mahasiswa untuk menunjukkan kualitas diri saat berada ditengah-tengah masyarakat, harus bekerja keras untuk membangun desa, pantang mundur dan didesa banyak potensial maka silahkan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi ke masyarakat.

"Sekarang membangun desa dengan paradigma baru, transfer Iptek dan pengetahuan baru, jalankan program mahasiswa yang bermanfaat, agar bisa menjadi suatu budaya bagi masyarakat desa kelak",tuturnya.

Lebih lanjut Rektor mengharapkan agar peserta dapat mengikuti pembekalan dengan serius, supaya sukses saat beraktivitas dilapangan dan dalam pengabdian harus menumbuhkan semangat literasi menulis, mengumpulkan berbagai data dan budayakan menulis.

"Mahasiswa KKM diharapkan untuk selalu menjaga sopan santun, berakhlakul karimah, junjung tinggi adat istiadat dan Syariat Islam dalam bergaul selama dilokasi pengabdian khususnya dan dimana saja berada",tutupnya.


Sementara ketua panitia pelaksanaan pembekalan KKM Tematik, Drs.Syarkawi,M.Ed dalam laporannya menyatakan kegiatan KKMT akan dilaksanakan selama 6 bulan mulai Agustus 2021 sampai Februari 2022. 

"Pada kegiatan KKMT ini Prodi PGSD menempatkan sebanyak 60 mahasiswa di Kabupaten Bireuen yang tersebar di 6 (enam) desa/4 (empat) kecamatan. Keenam desa tersebut yaitu 1. Meunasah Mesjid, kec. Peudada, 2. Alue Peuno, kec. Peusangan, 3. Teupin Raya, kec. Peusangan Siblah Krueng, 4.Cot Aneuk Batee, kec. Peusangan Siblah Krueng, 5.Kubu Raya, kec. Peusangan Siblah Krueng, dan  Glee Putoh, kec. Kuta Blang",tuturnya.

Adapun program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa pgsd dalam kegiatan ini adalah akan membantu mengajar di desa pada lembaga formal dan non formal.

"Sedangkan Mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanuan Berjumlah 40 orang yang ditempatkan di Desa Cot Jrat, Kecamatan Kota juang",kata Drs.Syarkawi,M.Ed.

Turut hadir, Wakil Rektor, Dekan, Kabiro, Kabag dilingkup Umuslim, Pembimbing lapangan, dosen dan peserta pembekalan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Umuslim/Red)