Gampong meunasah mesjid Fokus Lawan Stunting


-->

Iklan Utama

Gampong meunasah mesjid Fokus Lawan Stunting

_Pimred
Senin, 15 November 2021

Peunawa.com l BIREUEN - Gampong meunasah mesjid kecamatan peudada melaksanakan Fokus untul Melawan Stuanying di desa dan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) gampong dalam rangka penyusunan RKPG tahun 2022 di meunasah gampong setempat pada sabtu (13/11/2021). 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau lebih dikenal dengan sebutan Musrembang merupakan wahana untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Gampong (RKPG).

Kepala Desa Syarifuddin, S.P., M.S.M Mengatakan Kepada Media Peunawa.com
Musrenbang menjadi agenda tahunan yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi Gampong agar teridentifikasi dengan baik untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah Gampong melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahunan Gampong.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran dan bagaimana proyek-proyek pembangunan Gampong disusun, Sebut Syarifuddin

Lanjutnya lagi Pada mulanya, Musrenbang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem sentralistik dan top-down. Masyarakat di tingkat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayahnya. Masyarakat seharusnya berpartisipasi karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan.

Turut hadir Penyelenggara Program KIA dan Gizi Puskesmas Peudada Syarifuddin ,SP,.M.S.M, Pedamping desa dan pedamping lokal desa, serta perwakilan kantor camat, perangkat desa dan masyarakat setempat.(*)