Tingkatkan Pendapatan Keluarga Buruh, LPPM UNIMAL Latih Warga Alue Papeun Anyam Biomassa Sawit


-->

Iklan Utama

Tingkatkan Pendapatan Keluarga Buruh, LPPM UNIMAL Latih Warga Alue Papeun Anyam Biomassa Sawit

Rabu, 17 November 2021


Peunawa.com | LHOKSUKON - Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan pemanfaatan biomassa sawit di desa Alue Papeun kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara, Senin (15/11/ 2021). 

Pengabdian dilakukan Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) kampus setempat bertujuan meningkatkan pendapatan keluarga buruh tani sawit melalui pemberdayaan tenaga kerja wanita, kegiatan ini diikuti oleh 20 remaja putri dan 15 ibu-ibu dari desa setempat. 
Devi Andriyani,SP.,M.Si mengatakan kegiatan tersebut didasari dari adanya dua permasalahan besar di daerah perkebunan sawit, yaitu banyaknya biomassa lidi sawit yang belum termanfaatkan dan terlalu beresikonya wanita yang memiliki kondisi fisik lemah untuk bekerja di perkebunan sawit.

"Jadi pengabdian ini bertujuan menyelesaikan dua permasalahan tersebut dengan memberikan pelatihan menganyam lidi sawit dan metode pemasaran melalui e-commerce,"ujar Devi Andriyani, S.P., M.Si ketua tim pengabdian.

Dr. Ratna, salah satu dosen senior di feb Unimal yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut juga mengungkapkan pelatihan ini dapat merangsang jiwa kreativitas tumbuh kembali di masyarakat khususnya remaja putri.

Teungku pon,salah satu pimpinan dayah darul ikhlas di Alue Papeun merasa sangat puas atas terlaksananya kegiatan tersebut karnadapat menjadikan masyarakat di desa setempat memiliki pekerjaan tanpa mengeluarkan modal karna bahan baku sudah tersedia di alam, juga banyak murid yang mengikuti pelatihan anyaman biomassa sawit.

"Saya sangat senang dan bersemangat mengikuti pelatihan yang memberikan pengalaman baru bagi saya, sekarang saya bisa memanfaatkan lidi sawit dan mendapatkan pendapatan tambahan,"ungkap Syifa, salah satu peserta pelatihan.

Dosen yang terlibat langsung dalam pengabdian yaitu ketua tim Devi Andriyani, M.Si. ibu Fanny Nailufar, M.Si. Mutia Rahmah. M.Si dan DR. Ratna, sementara dari mahasiswa diantaranya Jummiati, Ismawati, dan Muhammad haikal.(*)