Diskominsa Bireuen dan BBPSDMP Kominfo Medan Gelar Pelatihan UMKM


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Diskominsa Bireuen dan BBPSDMP Kominfo Medan Gelar Pelatihan UMKM

10/02/22

Peunawa.com
BIREUEN - 210 peserta dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bireuen, ikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy digelar Dinas Komunikasi, Informasi dan Persadian (Diskominsa) Bireuen, bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan.

Pelatihan dibuka Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi diwakili Sekda Ir Ibrahim Ahmad, MSi, digelar dua gelombang, pertama Rabu-Kamis 2-3 Februari dan kedua Jumat-Sabtu 4-5 Februari 2022, di Aula Hotel Fajar Bireuen.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi yang diwakili Sekda Ir Ibrahim Ahmad, MSi dalam arahan mengharapkan, melalui proses transformasi menuju digital sekarang diharapkan kepada pelaku UMKM di Bireuen.

Agar dapat memberi inovasi-inovasi kreatif, membangun peningkatan ekonomi masyarakat masa Pandemi Covid-19. UMKM digital merupakan kunci pemulihan ekonomi yang akan menunjang perekonomian masyarakat ke arah lebih baik lagi, jelas Sekda.

Kadiskominsa Bireuen, M Zubair, SH MH menjelaskan, tahun 2022 Bireuen memperoleh kuota 5000 peserta dan topik pelatihan berbeda-beda, untuk gelombang ini kegiatan DEA bagi pelaku UMKM, dengan harapan, dalam masa pandemi Covid-19 dapat berkembang.

Disaat terkendala pasarkan produk secara alami karena ada pembatasan ruang gerak untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, salah satu upaya dilakukan digitalisasi pelaku UMKM sehingga produk yang ada di Bireuen dapat dipasarkan lebih luas bahkan bisa mendunia melalui media sosial.

"Dari kuota 5000 peserta nanti kami atur dan sesuaikan dengan kebutuhan kegiatan untuk bidang yang lainnya, harus selesai tahun 2022 ini," jelas M Zubair, seraya mengatakan, pelatihan sesuai protokol kesehatan ketat dan setiap peserta telah dilakukan swap atau rapid antigen.

Kadiskominsa menambahkan, para peserta para anak muda di Bireuen yang bersemangat mengembangkan berbagai macam wirausaha sedang digeluti saat ini, ingin promosi dan pasarkan usaha melalui media sosial, jelasnya.

Sumber: Diskomensa Kabupaten Bireuen