Di Desa Alue Krueb, Mahasiswa KKM UNIKI Berikan Pelatihan Pembuatan Tas Dari Limbah Plastik


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Di Desa Alue Krueb, Mahasiswa KKM UNIKI Berikan Pelatihan Pembuatan Tas Dari Limbah Plastik

29/08/22



Peunawa.com |Bireuen - Mahasiswa Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen Aceh yang sedang melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan pembuatan tas dari sampah plastik sachet di desa Alue Krueb Kecamatan Peusangan Siblah Krueng.

Pelatihan dipandu langsung oleh Nurul Tivlah, mahasiswi prodi Manajemen yang juga pengrajin tas berbahan sampah sachet berlangsung Minggu (28/08/2022) sore.

Dalam pelatihan tersebut Ibu Rumah Tangga (IRT) diajarkan cara melipat dan merangkai plastik sachet. Selanjutnya dilatih membelokkan dasaran tas, memasang handle tas, dan finalisasi produk. Peserta pelatihan adalah ibu-ibu warga desa Alue Krueb Kecamatan Peusangan Siblah Krueng.

Menurut Fatimah Zuhra, SE., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan, bahan dan alat untuk membuat kerajinan tas ini mudah didapat seperti gunting, sampah sachet (sachet kopi, bumbu dapur dan lainnya), kaos kaki bekas untuk membersihkan bekas sachet, dan handle tas. Dari segi artistik, hasil anyaman akan sangat menarik dan bermotif berbeda-beda karena tergantung dari bekas bungkus varian kopinya.

“Langkah ini diharapkan mampu mengurangi dampak menumpuknya limbah plastik di lingkungan rumah. Selain itu, hasil anyaman tas dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomis tinggi. Dengan demikian, Ibu Rumah Tangga akan bisa menambah penghasilan dengan memanfaatkan sampah,” kata Fatimah Zuhra.

Sebelumnya Kepala Desa Alue Krueb mengaku sudah lama menunggu pelatihan pembuatan tas dari limbah plastik. 

“Saya pribadi penasaran dengan anyaman ini. Menarik dan juga butuh ketelatenan, kesabaran dan ketelitian. Kesalahan dalam melipat ternyata akan menyebabkan salah pola atau hasilnya tidak sesuai harapan. Jangan cepat menyerah. Hasil baik sebanding dengan usaha yang baik pula,” ungkap Nazili M Daud.(ril)