Tiba di Ara Lipeh, Mahasiswa KKM Kelompok 05 UNIKI Mulai Pengabdian


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Tiba di Ara Lipeh, Mahasiswa KKM Kelompok 05 UNIKI Mulai Pengabdian

01/08/22



Peunawa.com | Bireuen - Mahasiswa Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI)  Blang Bladeh Bireuen - Aceh yang tergabung dalam Kelompok 05 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) telah memulai kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Ara Lipeh, Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen, Senin (01/08/2022).

Kegiatan yang merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi tersebut berlangsung khidmat di Kantor Kepala Desa setempat sekira pukul 11:30 hingga tiba waktu sholat Dhuhur.

Selaku dosen pendamping, Syah Iskandar, S.H., M.H dihadapan sejumlah Dosen lainnya kepada Kepala Desa (Keuchik) setempat menyampaikan bahwa dibawah bimbingannya diikuti 11 (sebelas) Mahasiswa/i dari beberapa bidang disiplin ilmu yakni, Fakultas Hukum dan Syariah, Manajemen dan Fakultas Ilmu Komputer dan Multi Media.

Syah Iskandar dalam sambutannya terlebih dulu memohon izin kepada Keuchik setempat untuk melaksanakan kegiatan KKM atau pengabdian. Untuk itu Ia meminta agar dibarengi dengan bantuan serta dukungan dari semua elemen masyarakat di Desa Ara Lipeh.

"Kami memohon izin kepada Pak Keuchik untuk melaksanakan kegiatan KKM atau pengabdian kepada Masyarakat di Desa Ara Lipeh. Diharapkan, kegiatan mulia tersebut kiranya senantiasa dibarengi dukungan dari semua elemen yang berada di Desa Ara Lipeh yang mencakup pemerintah desa dan masyarakat.

Berikut, Keuchik Ara Lipeh, Fahri disaksikan sejumlah perangkatnya menyampaikan sangat menyambut baik kehadiran Kelompok 05 KKM UNIKI Tahap II Tahun Akademik 2021-2022 di Desa tersebut.

"Selaku Kepala Pemerintahan Desa, Saya atas nama masyarakat sangat menyambut baik kehadiran adik-adik Mahasiswa yang tergabung didalam Kelompok 05 KKM UNIKI," tutur Keuchik.

Ia juga mengharapkan, kehadiran para Mahasiswa di Desa itu hendaknya dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh di perguruan tinggi guna membantu serta mendukung program-program pemerintah, khususnya Pemerintah Desa Ara Lipeh dari segala aspek dan membawa kebermanfaatan terhadap semua pihak.

"Semoga para mahasiswa dapat mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya di desa ini. Dengan adanya kegiatan KKM ini diharapkan bisa membantu dan mendukung program-program di masyarakat serta membawa kebermanfaatan bagi desa umumnya, UNIKI dan khususnya untuk Mahasiswa," ujar Fahri.

Terakhir, Fakhrurrazi selaku Ketua Kelompok 05 memohon arahan dan bimbingan dari Pemerintah Desa Ara Lipeh dan Dosen Pembimbing untuk terus mensupport kegiatan yang akan dilaksanakan, hingga bisa bermanfaat serta berkelanjutan di kemudian hari.

"Mewakili rekan-rekan Mahasiswa UNIKI di Kelompok 05 ini, saya memohon arahan dan bimbingan dari Pak Keuchik selaku tampuk Pemerintah Desa Ara Lipeh dari berbagai hal, terutama mengenai adat istiadat setempat." pinta Mahasiswa Fakultas Hukum dan Syariah tingkat Akhir tersebut.

Sebelumnya, Wakil Rektor III UNIKI, Drs H. Jailani, MM saat menyerahkan peserta KKM kepada Pemkab Bireuen di Kantor pusat pemerintahannya melaporkan, jumlah mahasiswa UNIKI yang akan mengikuti KKN pada tahun ini semuanya berjumlah 310 orang.

Dari jumlah 310 mahasiswa tersebut penempatannya di sebar pada 2 (dua) Kabupaten, yaitu Kabupaten Bireuen berjumlah 255 orang dan Kabupaten Aceh Utara 55 orang.(*)