Kampus Institut Agama Islam IAI Al-Aziziyah Samalanga Wisuda 542 Lulusan 2022


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Kampus Institut Agama Islam IAI Al-Aziziyah Samalanga Wisuda 542 Lulusan 2022

02/10/22

Peunawa.com | Bireuen - IAI Al-Aziziyah melalui Rapat Senat Terbuka Wisuda Angkatan Ke-XI meluluskan 542 wisudawan tingkat Strata Satu (S1) Tahun Akademik 2022/2023 yang digelar di Komplek Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Kuta Glee Batee Iliek Samalanga, Bireuen pada Minggu, (02/10/2022).

Rapat Senat Terbuka dihadiri oleh Pimpinan Dayah MUDI Mesjid Raya (Mesra) Samalanga, Tgk. H. Hasanoel Bashry bin H. Gadeng (Abu Mudi), Dr, Muntasir, MA sebagai Pembina IAI Al-Aziziyah. Rektor IAI Al-Aziziyah, Dr. (Cand) Tgk. Muhammamad Abrar Azizi, M. Sos.  Prof. Dr. Mujiburrahman dan M. Ag, Dr. Khairizaman, M. Ag, selaku Ketua dan Sekretaris Kopertais Wilayah V Aceh. 

Turut hadir Rektor Unimal Prof. Dr. Ir. Herman Fitra, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng.  dan Abi Mudi selaku sekretaris senat IAI Al-Aziziyah. Wakil Rektor, Dekan, Dosen dan  Kepala Biro dan seluruh civitas Akademika IAI Al-Aziziyah.

Dr. Tgk. Muhibuddin, MA, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik IAI Al-Aziziyah dalam laporannya menyebutkan bahwa dari 542 wisudawan, sebanyak 112 orang atau 20% orang di antaranya lulus dengan predikat pujian atau cumlaude dan lulusan didominasi Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) mencapai 141 mahasiswa. 

“Lulusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) 53 orang, kemudian prodi  Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) 28 orang,  prodi Hukum Keluarga Islam (HKI)  141 orang”, rincinya.

Kemudian Fakultas Syariah program studi Ekonomi Syariah (Ekos) sebanyak  74 orang , Fakultas Tarbiyah terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)  24 orang, program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)  133 orang, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 88 orang. Maka IAI Al-Aziziyah hingga saat ini  telah berhasil meluluskan alumni sebanyak 5.087 orang dan mahasiswa yang masih aktif berjumlah 4.360 orang.

Bertepatan dengan kegiatan prosesi wisuda, IAI Al-Aziziyah juga melaunching Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam yang diresmikan oleh Prof. Dr. Mujiburrahman. Pada kesempatan yang sama pula Prof. Dr. Ir. Herman Fitra, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. Menyampaikan Orasi Ilmiah dengan tema Penggunaan Peralatan Teknologi  dalam Penguatan Mutu Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan forum yang mulia tersebut, Abu Mudi via Video Reecord menyampaikan pesan dan nasehat kepada para wisudawan diantaranya untuk senantiasa berpegang teguh kepada aqidah  Ahlus Sunnah Wal Jamaah yang merupakan jalan keselamatan yang diwariskan dan diajarkan oleh para guru yang bersambung sanadnya hingga Rasulullah.

Beliau juga berpesan agar alumni IAI AL-Aziziyah terus berperan aktif memberi kontribusi positif dakam bidang agama, social maupun politik dan terlibat langsung dalam kebaikan bangsa dan agama.

Di akhir nasehatnya, Abu Mudi meminta kepada para alumni untuk tidak berhenti belajar baik secara jenjangnya maupun secara substansinya serta selalu menjaga citra dan nama besar Al-Aziziyah Dimata masyarakat dalam lini dan aspek kehidupan.(ATI)