Forkopimda Aceh Timur Keluarkan Seruan Jelang Pergantian Tahun 2023

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Forkopimda Aceh Timur Keluarkan Seruan Jelang Pergantian Tahun 2023

12/28/2022

Aceh Timur–Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Aceh Timur mengeluarkan seruan bersama dalam rangka memasuki pergantian tahun baru 2023.

Seruan Bersama tersebut ditandatangani Bupati Aceh Timur,Ketua DPRK Aceh Timur, Kapolres Aceh Timur,Dandim 0104 Aceh Timur,Kajari Aceh Timur, Wakil ketua pengadilan negeri Idi, Wakil ketua mahkamah Syariah Idi dan Ketua MPU Aceh Timur 

Seruan yang ditandatangani 26 Desember 2022 tersebut, diminta kepada masyarakat Aceh Timur agar tidak mengadakan kegiatan yang bertentangan dengan syariat Islam, adat istiadat dn etika masyarakat Aceh, seperti pesta kembang Api, pesta miras, pesta narkotika, membakar petasan, meniup terompet, balapan liar, konvoi kendaraankendaraan dan permainan yang tidak bermanfaat.Sejalan itu juga, melarang memperjualbelikan petasan/Kembang api, terompet dan sejenisnya. 

Seruan tersebut dikeluarkan, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan kepedulian dalam menjaga diri dan keluarga dari kegiatan yang melanggar syariat Islam.

Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin  juga memerintahkan kepada dinas terkait seperti Dinas Syariat Islam untuk mengkoordinir kegiatan dakwah/pengajian di masjid-masjid dan mushalla. 

Sementara, kepada Satpol PP dan WH bertugas untuk mengawasi dan menertibkan kondisi di lapangan hingga terasa aman dan nyaman serta menindak tegas bagi yang melanggar.

Terpisah, Kasatpol PP dan WH Aceh Timur,T.Amran Atau yang akrab disapa Ampon menyatakan, pihaknya akan mengawal kebijakan ini dengan mengawasi aktivitas menjelang tahun baru.

Petugas disebutnya, akan bertindak tegas dengan menertibkan pedagang bila tetap nekat menjual petasan, terompet, dan kembang api. 

“Sesuai surat edaran itu, kami akan mengawasi dan menertibakan kondisi lapangan hingga terwujud rasa aman dan nyaman.

"Kami akan melakukan kordinasi dengan pihak TNI dan polri untuk untuk sama-sama mengawal seruan bersama forkopimda aceh timur ini,yang pada inti nya kami berharap mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk tidak eforia dalam menyambut malam pergantian tahun,berbuatlah sesuai kaidah di bumi aceh,mudah-mudahan semua berjalan dengan baik.pungkas ampon,(*)