Selang Hidrolik Bocor, Dua Alat Berat Terbakar di Ranto Peureulak

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Selang Hidrolik Bocor, Dua Alat Berat Terbakar di Ranto Peureulak

2/20/2023

Aceh Timur -Satu unit Colt Diesel yang dijadikan kendaraan khusus print (penyiraman aspal) aspal curah dan satu unit alat berat jenis Greder milik PT. Subota Internasional Contractor terbakar pada Senin, (20/02/2023) sekira pukul 11.30 WIB di Basecamp Segmen 1 di Dusun Bukit, Gampong Paya Unou,  Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K. melalui Kapolsek Ranto Peureulak Ipda Andi Ananta Grilya Utama, S.TR.K. mengatakan, berdasarkan keterangan Sopir Colt Diesel, Mawardi, menyebutkan sekira pukul 10.30 WIB  ia menghidupkan Blower untuk pembakaran aspal curah yang ada di dalam tangki mobil Colt Diesel tersebut.

“Sambil membakar aspal curah, Mawardi membuka ban belakang sebelah kiri yang bocor untuk ditambal. Sambil menunggu ban ditambal, ia memesan minum di warung yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Tidak selang berapa lama, Mukhlis rekan kerja Mawardi berteriak memanggilnya memberitahukan bahwa mobil colt diesel terbakar,” sebut Kapolsek.

Selanjutnya Mawardi bergegas masuk ke Basecamp untuk mematikan kran kompor pembakar aspal curah dan dibantu pekerja lainnya melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan pasir dan tanah.

“Api semakin membesar dan membakar alat berat (greder) yang berada di samping Colt Diesel. Pihak perusahaan memberitahukan kejadian tersebut ke Polsek Ranto Peureulak, Koramil 14/RTP dan Pos Pemadam Kebakaran Ranto Peureulak.

Setelah didatangkan dua unit Damkar dan dua unit mobil tanki air milik BPBD Aceh Timur api berhasil dipadamkan.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang ditimbulkan dari kebakaran ini perusahaan mengalami kerugian lebih kurang Rp. 800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan dugaan sementara penyebab kebakaran dikarenakan adanya kebocoran selang Hidrolik alat berat (Gereder) dan mengeluarkan minyak sehingga tersabar api kompor yang berasal dari pembakaran aspal curah.” Terang Kapolsek RantoPeureulak Ipda Andi Ananta Grilya Utama, S.TR.K.(DS)