Berita Terkini: Caleg di Kabupaten Bireuen Menutup Alat Peraga Demi Hindari Tindakan Satpol PP

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Berita Terkini: Caleg di Kabupaten Bireuen Menutup Alat Peraga Demi Hindari Tindakan Satpol PP

11/04/2023


peunawa.com | Bireuen, 3 November 2023 - Para calon legislatif (caleg) di Kabupaten Bireuen, Aceh, telah mengambil langkah tegas untuk mematuhi larangan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan menutup alat peraga kampanye mereka. Tindakan ini diambil sebagai respons terhadap ancaman tindakan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang bertugas untuk mencopot alat peraga yang tidak mengindahkan larangan Bawaslu yang juga mengingat belum saatnya kampanye. 

Bawaslu Kabupaten Bireuen sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan larangan terhadap caleg untuk memasang alat peraga kampanye di beberapa lokasi yang dianggap melanggar aturan pemilu. Alat peraga yang ditempatkan di tempat-tempat seperti jalan raya dan trotoar telah dianggap sebagai pelanggaran serius yang bisa berakibat pada pencopotan oleh Satpol PP.

Dalam upaya menghindari konflik dengan aparat penegak hukum dan untuk mematuhi larangan Bawaslu, caleg dari berbagai partai politik di Kabupaten Bireuen telah secara sukarela menutup alat peraga kampanye mereka. Tindakan ini diharapkan dapat mencegah tindakan tegas dari Satpol PP dan menjaga suasana damai selama proses pemilihan legislatif berlangsung.

Pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) diumumkan hari ini (4 November) oleh KIP Kabupaten Bireuen dan tahapan Kampanye baru dimulai 28 Nopember mendatang. 

Pernyataan dari beberapa caleg menunjukkan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama masa kampanye. Mereka berkomitmen untuk terus mengikuti aturan yang berlaku dan berusaha memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

Namun demikian, upaya untuk menutup alat peraga kampanye ini juga mengundang pertanyaan seputar efektivitas aturan pemilu dan bagaimana Bawaslu serta Satpol PP bekerja sama untuk memastikan penegakan hukum yang adil dan konsisten dalam proses pemilu. Pihak berwenang diharapkan terus bekerja sama dalam menegakkan aturan demi menjaga integritas pemilu yang demokratis.

Sementara itu, proses pemilihan legislatif di Kabupaten Bireuen terus berlanjut, dengan harapan bahwa pemilih akan dapat membuat keputusan yang bijak dalam menentukan wakil-wakil mereka di lembaga legislatif. Kami akan terus mengikuti perkembangan situasi ini dan memberikan informasi terbaru seiring berjalannya pemilihan legislatif. (Is