Siswa MAN 4 Aceh Utara Berlatih Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIM

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Siswa MAN 4 Aceh Utara Berlatih Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIM

2/15/2024


Aceh Utara - Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Utara menyelenggarakan pemilihan Umum Ketua OSIM  periode 2024-2025, pemilihan ini diselenggarakan sesuai dengan tata cara pemilihan umum (Pemilu), yaitu dengan pencoblosan secara langsung.

Kegiatan Pemilihan Umum ini dilaksanakan Selasa (13/02) di halaman MAN 4 Aceh Utara. Kegiatan ini menganut sistem dari siswa, oleh siswa, untuk siswa. Prinsip demokrasi ini diterapkan dalam pemilihan ketua OSIM yang diharapkan memberikan pelajaran untuk menggunakan hak yang dimiliki secara bertanggung jawab.

Selain itu, pemilihan Ketua OSIM ini juga merupakan bagian integral dari proses pendidikan di MAN 4 Aceh Utara, yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, pengembangan kepemimpinan, dan pemahaman yang lebih dalam tentang prinsip-prinsip demokrasi.

Al Fadil Muhammad, S. Pd.I., M.Pd. selaku Pembina OSIM MAN 4 Aceh Utara dan sekaligus Panitia pemilihan Umum mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan Ketua OSIM periode 2024/2025 ini adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini terutama bagi pemilih pemula sehingga nantinya terbiasa dengan bentuk demokrasi yang ada di negara ini.

“Kami harapkan Pemilihan ketua OSIM ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melatih berdemokrasi terutama bagi siswa sebagai pemilih pemula yang akan berpartisipasi dalam ajang demokrasi Pemilu nantinya.” ujar Fadhil.

Fadhil juga menambahkan MAN 4 Aceh Utara berkomitmen untuk mendukung perkembangan siswa dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kepemimpinan. Dengan demikian, pemilihan Ketua OSIM adalah salah satu upaya untuk memberikan siswa pengalaman berharga dalam perjalanan mereka menuju kedewasaan dan menumbuhkan rasa bertanggung jawab, kesadaran politik, dan sikap kritis. 

Tujuannya agar siswa mampu berkarya dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat di bidang sosial dan mampu mengemban tanggung jawab serta memberikan kesempatan menunaikan hak dan kewajibannya dalam memilih khususnya memilih pemimpin.

Ada dua pasang kandidat ketua dan wakil ketua OSIM, yaitu paslon 1 Ahmad Maulana Putra dan Annisa Liskara dan paslon 2 Ridha Fakri dan Tiaisyah.

Masing-masing paslon telah melakukan orasi dan menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan satu tahun ke depan dalam memimpin OSIM dalam memajukan MAN 4 Aceh Utara yang disampaikan seminggu sebelum Pemilihan dilakukan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengajarkan siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya kepada khalayak ramai.

Sementara itu, Kepala Madrasah, Drs. H. Sulaiman menyampaikan bahwa semua kandidat yang bersaing diharapkan dapat  menerima apapun hasil yang diperoleh nantinya dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua OSIM yang nantinya terpilih  diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi siswa-siswi MAN 4 Aceh Utara.

“Semoga pemilihan Ketua OSIM ini akan menghasilkan pemimpin yang berdedikasi dan berkomitmen untuk membawa perubahan positif di MAN 4 Aceh Utara selama masa bakti 2024/2025.” Ucap Sulaiman.

Dalam pemilihan tersebut, sekolah menyiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan. Sebelum mencoblos, ratusan siswa harus mengantri untuk mendapatkan surat suara yang berisi foto kandidat. 

Mereka pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan. Setelah mencoblos, surat suara dilipat kembali dan dimasukkan ke dalam kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, mereka harus mencelupkan tangan kedalam tinta, agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Setelah melaksanakan kegiatan pencoblosan para anggota OSIM langsung menghitung hasil perolehan suara. Hasil perolehan suara dari masing-masing kandidat adalah paslon 1 memperoleh 75 suara dan paslon 2 memperoleh 67 suara.

Dengan demikian paslon 1  terpilih sebagai Ketua OSIM periode 2024/2025. Semoga ketua dan wakil ketua OSIM yang terpilih dapat menjadi ketua dan wakil ketua yang bertanggung jawab dan dapat bekerja sama dengan pengurus OSIM lainnya untuk mewujudkan OSIM MAN 4 Aceh Utara yang lebih baik. (Murhaban)