Bupati Bireuen Kukuhkan Tgk Saifuddin Muhammad Sebagai Imum Chik Masjid Agung Sultan Jeumpa

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Bupati Bireuen Kukuhkan Tgk Saifuddin Muhammad Sebagai Imum Chik Masjid Agung Sultan Jeumpa

8/12/2021



Peunawa.com | BIREUEN - Bupati Bireuen Dr.H.Muzakkar A.Gani,SH.,M.Si resmi mengukuhkan Teungku Saifuddin Muhammad sebagai Imum Chik Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen pada Rabu (11/08/2021) malam menggantikan Tgk.H.Jamaluddin Idris.

Teungku Saifuddin Muhammad  merupakan pemuka agama sekaligus ustadz dan Mubaliq juga guru pengajian dari Juli Bireuen, telah ditetapkan sebagai Imum Chik Masjid Agung Kabupaten Bireuen, setelah pengurus Masjid mengajukan beberapa nama calon untuk dibahas bersama ulama kharismatik Aceh di Wilayah Bireuen.

Hal itu yang dilakukan oleh Pengurus Mesjid terkait  Imum Chik lama sultan Jeumpa Tgk Jamaluddin Idris mengundurkan diri pada April 2021 lalu.

Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar, S.Ag,.M.AP menjelaskan, Imum Syiek Masjid Agung Sultan Jeumpa periode 2018-2023, Drs.Tgk H Jamaluddin Idris, sejak April 2021 mengundurkan diri karena kondisi kesehatannya.

Terkait masalah tersebut, Pengurus Masjid mengusulkan beberapa nama  yaitu Abi Don Geulanggang, Tgk Kasman, Tgk Sanusi, Tgk Razali A Wahab Cot bate dan Tgk Aktiar Az Zanzbil Buket Teukuh, Tgk Saifuddin Muhammad dari Juli.

Nama-nama yang sudah direkrut sebagai calon oleh Pengurus Masjid, maka Bupati Bireuen berkonsultasi dan membahas bersama sosok ulama kharismatik Aceh Abu Tumin,"Tgk H. Muhammad Amin bin Mahmud " dan Tgk H  Bashry HG ,"Abu Mudi," untuk melakukan penetapan.

Setelah berkonsultasi dengan ulama secara bijaksana disepakati Tgk.H.Saifuddin Muhammad ustadz dan mubaliq asal dari Gampong Beunyot, Kecamatan Juli, Bireuen sebagai Imum Chik Masjid Agung Sultan Jeumpa, Bireuen dan dilantik Oleh Bupati Bireuen Dr H Muzzakar A .Gani,SH,M.Si dihadapan jamaah tetap Shalat di Masjid Agung Sultan Jeumpa dan juga hadir Ketua DPRK Bireuen .(red)