Khenduri Laot Di Bireuen, Mulai Dari TA Khalid, Tu Sop Hingga Bupati Ikut Hadir


-->

Iklan Utama

Khenduri Laot Di Bireuen, Mulai Dari TA Khalid, Tu Sop Hingga Bupati Ikut Hadir

_Pimred
Selasa, 19 Oktober 2021

Peunawa.com l Lembaga Hukum Adat Laot Aceh Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen menggelar acara khanduri laot tahunan, ribuan masyarakat dan nelayan setempat ikut berpartisipasi termasuk para ibu-ibu dan anak-anak terus berdatangan, acara digelar di Ujong Raja Gampong Ulee Kareng Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen pada Senin, (18/10/2021).

Khenduri Laot, doa bersama dan santunan anak yatim ini juga dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI Ir H TA Khalid MM, Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop, serta Unsur Forkopimda Bireuen diantaranya Bupati Bireuen H Muzakkar A Gani, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Pesisir yang diwakili oleh Mudastsir Ka Balai BPSPL Pandang, Wakil Ketua DPRK dan Komisi II DPRK Suhaimi, Munazir, Zainal Abidin, Faisal Hasballah, Taufik Ridha, Kajari, Wakapolres, Dan Pol Airud Peudada, Kadis Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan, Mukhtar Abda serta para Staf Ahli Bupati dan para Kepala Dinas lainnya.

Bupati Bireuen Muzakkar A Gani dalam sambutannya menyebut ada beberapa harapan masyarakat yang disampaikan ke kami terkait pemugaran makam Tgk di Ujong dan batu Jetty pemecah ombak, sehingga erosi pengikisan pasir pada makam tersebut dapat teratasi.

"Untuk itu kami sampaikan ke kanda TA Khalid selaku Anggota DPR RI agar bersama-sama ikut membantu kami menyelesaikan permasalahan tersebut dapat teratasi dengan baik", Sebut Bupati.

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra Ir H TA Khalid MM dalam pidatonya menyebut berlangsungnya acara Khenduri ini berkat adanya koneksi jaringan relasi panita dengan jaringan kami, TA Khalid menyebut dirinya sama sekali belum kenal dan tidak pernah bertemu secara langsung dengan panitia.

"Berkat Adanya Jaringan Koneksi Orang-orang dekat saya acara berjalan dengan baik dan sangat meriah, maka Jaringan-jaringan inilah yang perlu kita sinergitaskan agar hubungan saya dengan masyarakat terjalin dengan baik tanpa harus bertemu langsung dengan saya", kata TA Khalid yang juga Anggota Baleg DPR RI.

TA Khalid mengatakan walaupun proposal Dokumen DED dan harapan masyarakat yang disampaikan pak Bupati bukan tupoksi kami di komisi IV DPR RI, namun kita akan berupa untuk menyampaikan kepada teman Fraksi Anggota DPR RI di komisi terkait. Tutup TA Khalid.

Dalam kesempatan itu Bupati Bireuen juga menyerahkan Dokumen DED Break Water dan Pemasangan Batu Jetty Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bireuen kepada TA Khalid untuk dapat membantu permasalahan masyarakat setempat.

Acara ditutup dengan Tausiah dan nasehat serta doa bersama yang dipimpin oleh Tu Sop Jeunieb.

Laporan: Afdal