Di Paloh Punti, Mahasiswa KKN PPM K-165 Unimal Gelar Kegiatan "Rumoh Sehat"


-->

Iklan Utama

Di Paloh Punti, Mahasiswa KKN PPM K-165 Unimal Gelar Kegiatan "Rumoh Sehat"

Minggu, 21 November 2021



Peunawa.com | LHOKSEUMAWE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata -Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 165 Universitas Malikussaleh menyelenggarakan kegiatan “Rumoh Sehat” di Dayah Baburrahmah Desa Paloh Punti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, (12/09/2021).

Program Kerja “Rumoh Sehat” adalah kegiatan sosialisasi tentang pentingnya menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi PHBS ini diikuti juga dengan kegiatan pengecekan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar Desa Paloh Punti.

Latar belakang dilakukan nya kegiatan ini adalah dilihat dari kehidupan masyarakat sekitar Dayah Baburrahmah, masih banyak di temukan kelalaian masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan. Kelalaian masyarakat khususnya orang tua di sekitar Dayah Baburrahmah juga masih kurang dalam hal kesehatan, masih banyak orang tua khususnya ibu-ibu yang kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya, contohnya tidak mengontrol makanan sehingga menimbulkan berbagai macam keluhan penyakit, diantaranya kolestrol, asam urat dan kadar gula darah.

Ketua Kelompok 165 KKN-PPM Khairul Fatta mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini supaya warga dapat mendeteksi dan mencegah gejala suatu penyakit dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan sehingga dapat menindaklanjutinya dengan cepat dan kedepannya bisa menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, serta dapat menerapkan PHBS di kehidupan sehari-hari.

Adapun mekanisme kegiatan yang dilakukan yaitu Sosialisasi PHBS yang di sampaikan oleh Muthmainnah sebagai narasumber yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Selanjutnya diikuti dengan kegiatan pengecekan kesehatan yaitu cek kadar kolestrol, asam urat dan gula darah sekaligus pengecekan tinggi badan, berat badan dan tekanan darah.

Dosen pembimbing lapangan kelompok 165, Bapak Marzuki, M.Si, mengatakan program “Rumah Sehat” merupakan sesuatu yang cukup menarik, karena memperhatikan kesehatan masyarakat merupakan pengabdian yang mulia. Seperti yang kita ketahui bahwa kesehatan adalah kunci utama dalam kehidupan, terutama jika kita mau memperhatikan kesehatan orang-orang disekitar kita.

Mahasiswa KKN Kelompok 165 di bawah bimbingan Marzuki diketuai Khairul Fatta (Ekonomi Pembangunan) dan beranggotakan Muhammad Farid Alfarisi (Ilmu Komunikasi), AlFazil (Ekonomi Pembangunan), Abdul Mukti (Ekonomi Pembangunan), Rizqa Ramadani (Kedokteran), Muthmainnah (Kedokteran), Afifah Izzatul Zahra (Kedokteran), Rifanul Ahyana (Kedokteran), Arfini Mertia (Kedokteran) dan Mutiara Lestari (Teknik Kimia). Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama.(*)