Mahasiswa KKN PPM 091 Unimal Kenali dan Latih Komputer Siswa SDN 4 Muara Batu


-->

Iklan Utama

Mahasiswa KKN PPM 091 Unimal Kenali dan Latih Komputer Siswa SDN 4 Muara Batu

Kamis, 25 November 2021



Peunawa.com | LHOKSEUMAWE - Era 4.0 ini, komputer sangat dibutuhkan oleh setiap kalangan usia, terutama pada usia dini yang didukung dengan perkembangan teknologi, komputer adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola data menurut dari prosedur yang telah dirumuskan.

Usia dini yang meliputi usia 9-10 tahun merupakan usia yang sangat baik untuk mengasah kemampuan motorik dan sensorik anak dengan pengenalan komputer tersebut dan juga dikarenakan pada usia tersebut merupakan usia dengan jangkauan memori yang masih baik dan berkualitas.

Kondisi itulah yang menginspirasi mahasiswa dan mahasiswi Universitas Malikussaleh yang sedang Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) melakukan kegiatan les komputer bagi siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 5, hal ini juga didukung dengan adanya ujian komputer yang diselenggarakan bagi siswa kelas 5 SD.

Zaki ketua kelompok KKN PPM 091, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi angka kebutaan teknologi, pada anak Indonesia khususnya di Desa Meunasah Mee, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Kamis (17/11/2021).

Les di laksanakan Rabu dan Kamis tanggal 16-17 November 2021  sekitar pukul 14.00- 16.30 WIB, penyelenggaraan les dibagi dua sesi dan kegiatan ini dilakukan setelah jam belajar selesai agar tidak mengganggu pelajaran di sekolah, sebelumnya juga telah dilaksanakan les pada hari yang sama tanggal 9-10 November 2021.

Kegiatan disambut antusias siswa- siswi SDN 4 Muara Dua hal ini terlihat dari satu  siswa Adit, memanggil Mahadiswa,  Ka, bagaimana cara menghidupkan computer ini ka? Kemudian ka, keyboard dan monitor fungsinya untuk apa ka?” 

Salah satu anggota KKN PPM kelompok 091 menjelaskan di sela- sela pengajaran, bagaimana menghidupkannya dan fungsi- fungsi dari perangkat keras komputer, dan juga menjelaskan software kepada siswa- siswi SDN 4 Muara Dua.

Kehadiran mahasiswa KKN Univeritas Malikussaleh kelomok 091 untuk memberikan kreativitas bagi murid SD, disambut baik oleh kepala sekolah dan guru- guru di SD Negeri 4 Muara Dua. Kepala Sekolah dan guru disana mendukung kegiatan KKN mahasiswa di sekolah.

Mahasiswa yang berada di bawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dwi Iramadhani, S.Psi., M.Psi., Psikolog terdiri dari Mhd. Zaki Hawari dari Program Studi Teknik Elektro, Regina Keumala Sabty, Ummi Issayyidah, Raidatul Aufa, Fenny Harrika dari Program Studi Pendidikan Dokter, kemudian Rizky Abdullah Htr, Nurhaliza, Dilla Rahma Elfiza dari Program Studi Agroteknologi, dan Muhammad Hardiansyah, Saputra dari program Studi Sistem Informasi. (*)