Mahasiswa KKN PPM K-012 Unimal Ikut Berpartisipasi Pada Pelatihan Membuat Keripik Batang Pisang


-->

Iklan Utama

Iklan berjalan

Mahasiswa KKN PPM K-012 Unimal Ikut Berpartisipasi Pada Pelatihan Membuat Keripik Batang Pisang

Kamis, 18 November 2021



peunawa.com | BIREUEN - Pembinaan dan latihan membuat Keripik dari batang pisang bagi warga Gampong Lhok Awe-awe, Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen  berlangsung Sabtu (13/11/2021) di Meunasah Gampong setempat.

Acara tersebut di selenggarakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Lhok Awe-awe dalam rangka meningkatkan UMKM oleh Bhayangkari Cabang Bireuen.


Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN PPM Universitas Malikussaleh Kelompok 012 yang beranggotakan 10 mahasiswa, yaitu Khairal Zikri (Teknik Mesin), Safrina (Ekonomi Pembangunan), Cut Tiara Rizkia (Ekonomi Pembangunan), Janisha Putri (Ilmu Komunikasi) Hanif Murtadha (Teknik Mesin), Mity Risky (Ekonomi Pembangunan), Irnawati (Ekonomi Pembangunan), Putri Hamma Hayati (Administrasi Publik), Yusrizal, (Akuntansi), Rahul Misbahul Huda (Administrasi Publik) dibawah bimbingan dosen Angga Pratama S.Kom M.MSi juga ikut berpartisipasi dalam mengolah Batang Pisang menjadi keripik, yang mana keripik tersebut nantinya akan di pasarkan.

Kepala Desa Gampong Lhok Awe-awe H. Maimun HR menyampaikan, Pengolahan keripik batang pisang tersebut merupakan salah satu kegiatan ibu PKK gampong dalam hal pengembangan UMKM. 

"Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan untuk kedepan  keripik batang pisang ini dapat diproduksi dengan lancar dan di distribusikan ke kios-kios bahkan ke supermarket, dengan adanya program ini maka ekonomi masyarakat  juga ikut terbantu,"ujar Keuchik Maimun tersebut.

Anggota KKN Kelompok 012 Cut Tiara Rizkia dan Putri Hanna Hayati menyampaikan cara pembuatan keripik tersebut tergolong cukup mudah yang mana terbuat dari irisan batang pisang yang masih muda, kemudian direndam dalam air kapur sirih, setelah dibaluri dengan bumbu, irisan batang pisang yang sudah direndam bisa langsung di goreng.

"Untuk bahan baku pembuatan  utama keripik tersebut  adalah batang pisang yang belum berwarna hijau. Pemilihan batang pisang untuk dijadikan keripik karena batang pisang mudah di dapat dan untuk biaya yang dikeluarkan untuk membuat keripik tersebut juga tidak terlalu besar,"tutur Badriah selaku Ketua PKK Gampong Lhok Awe-awe.

Salah satu anggota KKN Kelompok 012 lainnya menyampaikan, selain itu batang pisang juga memiliki banyak manfaat yaitu bisa Mengontrol Berat Badan, Mencegah Anemia, Mengatasi Diabetes, Menurunkan Tekanan Darah, dan Mengatasi Kolesterol Tinggi.

"Rasa keripik dari batang pisang ini sangat gurih, dan bisa di jadikan oleh-oleh," ucap salah satu anggota Kapolres Bireuen.

Acara berjalan dengan baik dan lancar serta banyak partisipasi yang menyukai keripik dikarenakan keripik tersebut beda dengan keripik yang lain.

Hadir pengurus PKK, Perangkat Desa setempat, Ketua DPRK Bireuen, Kapolres Bireuen, Personel TNI, Ibu Bhayangkari, Mahasiswa KKN Unimal dan masyarakat setempat.(FH)