Masuk 5 Besar, Tim Provinsi Turun ke Gampong Mane Tunong untuk Penilaian Lomba Gampong

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Masuk 5 Besar, Tim Provinsi Turun ke Gampong Mane Tunong untuk Penilaian Lomba Gampong

5/04/2023

Aceh Utara - Tim Penilaian Lomba Gampong dari Provinsi Aceh turun ke Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara untuk melakukan verifikasi lapangan dan penilaian akhir pada ajang lomba gampong tingkat Provinsi Aceh, Kamis (04/05/2023). 

Sebelumnya, Gampong Mane Tunong lolos dalam nominasi melalui penilaian administrasi dan masuk dalam 5 besar, serta berhak maju ke tahap berikutnya, yakni verifikasi lapangan oleh Tim Penilai dari Provinsi Aceh.

Tim Penilai dari Provinsi Aceh tiba di Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu pada Kamis pagi, 4 Mei 2023. Tim dipimpin oleh Syahyadi, SPi, MSc, yang merupakan Kepala Bidang Pemerintahan Mukim dan Gampong pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Provinsi Aceh.

Turut didampingi oleh Mawardi Adami, SAg, Kepala Bidang Lembaga Kemasyarakatan Gampong dan Lembaga Adat Gampong pada dinas yang sama.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Asisten I Setdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan KB (DPMPPKB) Kabupaten Aceh Utara Fakhruradhi, SH, MH, Kabid Kesehatan masyarakat Dinkes Aceh Utara Samsul Bahri, SKM.

Kabag Hukum Setdakab Aceh Utara Fadhil, SH, MH, Kabag Humas Muslem, SSos, Camat Muara Batu Munawir, SSTP, MSi, dan pejabat jajaran Muspika, Imum Mukim, Geusyik Mane Tunong dan para aparatur gampong setempat, juga hadir Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Aceh Utara Mahdalena, SE.

Ketua Tim Penilai Lomba Gampong Provinsi Aceh Syahyadi, SPi, MSc, dalam laporannya mengatakan Gampong Mane Tunong masuk dalam 5 besar tingkat Provinsi Aceh. 

Pada tahun 2023 jumlah desa/gampong yang mengikuti perlombaan gampong lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya, dalam hal ini gampong yang diajukan dari Kabupaten Aceh Utara masuk dalam nominasi juara. 

Dikatakan, tujuan dari pelaksanaan lomba gampong ini adalah untuk mempererat hubungan antara warga, melancarkan koordinasi, komunikasi sehingga timbul kekompakan antar warga. Selain itu juga untuk terus memperbaiki sektor pelayanan kepada masyarakat. 

“Dari lomba ini, nantinya akan ada pembinaan lanjutan yang dilakukan, baik oleh pihak Kecamatan, Kabupaten, maupun pihak Provinsi, sehingga dengan ada perlombaan ini akan berdampak positif terhadap gerak pembangunan di tingkat desa,” kata Syahyadi.

Terkait dengan tahapan perlombaan ini, kata dia, nantinya pada 15 Mei 2023 akan dilakukan presentasi di tingkat Provinsi di Banda Aceh, dan selanjutnya pengumuman pemenang akan dilakukan pada 27 Mei 2023 pada ajang TTG tingkat Provinsi Aceh di Kota Jantho, Aceh Besar.

Sebelumnya, Geusyik Gampong Mane Tunong Faisal, ST, melaporkan bahwa pihaknya meletakkan program bina gampong pada empat sektor unggulan atau prioritas. Yakni adanya BUMG yang mengelola sejumlah objek ekonomi gampong, di antaranya kelompok UMKM keripik tempe goreng yang sedang tumbuh dan berkembang. 

Kemudian Baitul Mal Gampong yang berhasil mengumpulkan ZIS per tahun mencapai Rp.400 juta untuk dibagi ke fakir miskin sesuai dengan senif masing-masing.

Sektor prioritas lainnya adalah pengelolaan Pos Yandu yang terintegrasi, dengan adanya inovasi para kader PKK, baik kader pemuda maupun kader remaja. Pencegahan stunting, inovasi gerakan cegah stunting secara terpadu pada remaja putri, inovasi pecinta ternak tegur (pencegahan stunting pada anak dengan makanan tambahan telur gulung dari daun kelor).

Kata Faisal, capaian bidang ekonomi pemberdayaan masyarakat cukup bagus dengan adanya BUMG sebagai pemilik modal. Memberikan modal usaha kepada kelompok UMKM produksi keripik tempe. 

Juga menyediakan sewa kios untuk masyarakat ekonomi kecil, penyediaan sewa becak bagi masyarakat yang tidak punya pekerjaan tetap, pengelolaan kilang padi keliling, bahkan juga penyewaan tenda dan meja untuk pedagang daging hari meugang, pedagang takjil bulan puasa.

Sehingga mampu menjaga kebersihan dan penataan kota yang dulunya terkesan kumuh. BUMG juga mampu membeli petak sawah yang disewakan kepada keluarga anak yatim dengan harga sewa terendah.

Penjabat Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Dayan Albar, SSos, MAP, menyampaikan terimakasih kepada Tim Provinsi yang telah bekerja ekstra dalam proses penilaian lomba gampong ini.

“Alhamdulillah hari ini Aceh Utara sudah masuk 5 besar. Harapan kami agar hasil dari penilaian ini nantinya Gampong Mane Tunong dapat meraih Nomor I Tingkat Provinsi,” harap Dayan.

Kepala Dinas PMPPKB Kabupaten Aceh Utara Fakhruradhi, SH, MH, secara terpisah menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih atas masuknya Aceh Utara dalam nominasi lima besar pada ajang lomba gampong tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 ini.

“Besar harapan kami untuk menjadi Nomor I di Tingkat Provinsi Aceh,” ungkapnya. 

Camat Muara Batu Munawir, SSTP, MSi, di sela-sela kegiatan tersebut juga menyampaikan terimakasih atas usaha dan kerja keras serta motivasi yang diberikan oleh Tim Kabupaten dan seluruh stakeholder, sehingga Gampong Mane Tunong masuk 5 besar tingkat Provinsi. []