Pj Bupati Aceh Utara Bersama Dan LANAL Tanam Ribuan Pohon di Seunuddon

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Pj Bupati Aceh Utara Bersama Dan LANAL Tanam Ribuan Pohon di Seunuddon

12/08/2023

Aceh Utara - Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, bersama Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe dan sejumlah pejabat lainnya menanami ribuan pohon di tepian pantai Gampong Matang Puntong Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara, Rabu, 6 Desember 2023.

Kegiatan itu diinisiasi oleh Lanal Lhokseumawe dalam rangka memperingati Hari Armada Tahun 2023. Selain penanaman ribuan pohon, Lanal Lhokseumawe juga menggelar bakti sosial dan bantuan paket Sembako kepada ratusan masyarakat setempat.

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto dalam laporannya mengatakan kegiatan memperingati Hari Armada itu diisi dengan bakti sosial penanaman ribuan pohon untuk menghijaukan lingkungan dan meminimalisir abrasi pantai. “Di samping penanaman mangrove juga kita bantu masyarakat lingkungan,” kata Andi Susanto.

Jenis tanaman yang ditanam adalah mangrove, cemara dan ketapang, dengan rincian mangrove sebanyak 5.000 pohon, cemara 2.500 pohon, dan ketapang 2.500 pohon. Sedangkan bantuan Sembako sebanyak 100 paket diserahkan kepada masyarakat setempat. Kegiatan itu terlaksana atas kerjasama lintas sektor, termasuk dengan manajemen PT Pertamina Hulu Energi (PHE) NSO.

Pjs. Field Manager PT PHE NSO, Hasanuddin Husen, pada kesempatan itu mengatakan pihaknya sangat respek dengan program yang diinisiasi oleh Lanal Lhokseumawe, yakni penghijauan untuk mengatasi abrasi pantai.

“Ini juga dalam rangka penanaman pohon nasional, kita ada program penghijauan untuk peduli lingkungan,” kata Hasanuddin, sembari menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Aceh Utara dan seluruh jajaran Forkopimda atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Mahyuzar, MSi, menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada Lanal Lhokseumawe dan PT PHE NSO yang telah memilih wilayah Aceh Utara, yakni pantai Gampong Matang Puntong, sebagai lokasi penanaman pohon untuk penghijauan pantai.  

“Terima kasih atas program ini. Program ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Apalagi untuk mengantisipasi abrasi dan penghijauan lingkungan,” ungkap Mahyuzar, seraya berharap kepada seluruh masyarakat untuk melestarikan dan menjaga lingkungan dan pohon-pohon ini dengan baik.

Kegiatan penanaman pohon di pantai Gampong Matang Puntong turut dihadiri oleh seluruh pejabat Forkopimda Aceh Utara, para Komandan Satuan TNI/Polri, pimpinan BUMN dan BUMD, jajaran pejabat Muspika Seunuddon, dan tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu Lanal Lhokseumawe juga pernah melakukan kegiatan serupa, yakni penanaman ribuan mangrove dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia pada Juli 2022. Hutan mangrove tidak hanya dapat menahan abrasi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk sarana wisata. []