Riwayat Hidup Dr. HC. H. Adnan Ganto, M.B.A Dan Prestasi Nya

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Riwayat Hidup Dr. HC. H. Adnan Ganto, M.B.A Dan Prestasi Nya

3/23/2021

Peunawa.com l Dr. HC. H. Adnan Ganto, M.B.A (lahir di Kuta Makmur, Aceh Utara, 4 Februari 1947; umur 74 tahun) adalah seorang putera dan tokoh Aceh yang terlahir dari sebuah desa terpencil hingga menjadi Bankir kelas dunia. Adnan Ganto adalah orang Asia pertama yang berhasil menjabat posisi strategis di sebuah Bank Inggris yaitu Morgan Bank Ltd. Di Bank Inggris tersebut ia bekerja selama 23 tahun. Lalu pada tahun 1987, Adnan lalu diangkat menjadi Director Investement Banking di Singapura. Terakhir, Adnan menjabat sebagai Executive Director di New York,Amerika Serikat[1][2]

Riwayat Pribadi Sunting

Terlahir dari sebuah desa terpencil, tidak mudah bagi Adnan kecil untuk mengeyam pendidikan. Maklum, ayahnya Hasan Basri Ganto, hanya seorang Tentara Keamanan Rakyat (TKR) cikal bakal dari TNI yang hingga pensiun berpangkat kopral. Di tengah keterbatasan, ia menamatkan pendidikan dasar pada Sekolah Rakyat Islam (SRI) Kareung, Kabupaten Aceh Utara. Dari sekolah tua itu, ia merangkak menapaki jalan-jalan Belanda.

Ia membayangkan kehidupannya masa lampau. Bagaimana sulitnya naik kereta api dari Lhokseumawe ke Kota Langsa untuk menamatkan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Meskipun saat ini Adnan berdomisili Menteng, Jakarta Pusat. Ia pun terbiasa pulang pergi Indonesia - London karena pekerjaannya.

Adnan Ganto telah berkarier selama 37 tahun di Bank Asing. Ia pernah ditugaskan di Amsterdam, Hong Kong, Singapore, London, Zurich hingga New York. Di saat orang-orang Aceh masih berjuang di masa-masa konflik, Adnan Ganto justru bisa beprestasi di tingkat dunia.Selain berprestasi di tingkat dunia, Adnan Ganto juga berkontribusi nyata untuk Indonesia. Semenjak tahun 1991 hingga sekarang, Adnan Ganto adalah penasehat Menteri Pertahanan Republik Indonesia. Sudah 7 Menteri Pertahanan yang menjabat, namun posisinya sebagai penasehat tetap dipertahankan.[3] Selain itu Beliau juga juga merupakan sahabat dari Jenderal TNI(Purn) LB Moerdani.[4]

Meskipun telah sukses di dunia internasional, Adnan Ganto tetap tak lupa dengan tanah kelahirannya yaitu Aceh. Dialah sosok yang paling berperan saat mengubah status Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh menjadi Bank Aceh Syariah. Proses konversi dari konvensional ke Syariah ini merupakan prestasi Adnan yang layak diapresiasi.

Semoga Husnul Khatimah.