UNIKI Gelar "In House Training", Rektor : Etika Moral Modal Utama Meraih Kesuksesan


-->

Iklan Utama

UNIKI Gelar "In House Training", Rektor : Etika Moral Modal Utama Meraih Kesuksesan

Rabu, 11 Agustus 2021

Peunawa.com | BIREUEN - Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) menggelar kegiatan "in house training" tentang peningkatan kinerja sumberdaya manusia diaula kampus setempat, Rabu (11/08/2021).


Rektor UNIKI, Prof,DR.H.Apridar,Sze.,M.Si di awaI pembukaan acara mengatakan bahwa ilmh dan pengetahuan adalah akar kebaikan", hal tersebut sebagaimana dikatakan Ali bin Abi Thalib RA dalam kitab Ghurar al Hikam. 

Momentum Hijrah Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) melakukan In house training dalam rangka menata kembali penguatan karakter anak bangsa, etika moral yang religi merupakan modal utama dalam meraih kesuksesan hidup dunia akhirat.

"UNIKI tidak hanya sebatas lembaga pendidikan memberikan ijazah dan gelar sarjana, tapi kami berusaha untuk membuka jalan bagi mahasiswa dalam mewujudkan mimpi tentang masa depannya, dimana ijazah dan gelar adalah sesuatu yang bersifat administratif, sedangkan ilmu dan pengetahuan adalah alat untuk menjadi ijazah dan gelar lebih berarti, dan memiliki value added bagi kemaslahatan diri dan orang lain",tuturnya.

Dalam rangka memperingati hari pendidikan Aceh yang bertepatan jatuh pada 2 September kita perlu meneguhkan kembali untuk tidak mengabaikan ilmu dan pengetahuan dalam memerangi kebodohan yang mengakibatkan ketidakpastian dalam kehidupan dan sudah saatnya kita berbenah untuk menata kembali pendidikan karakter religius dalam membangun peradaban mulia.

"Oleh karenanya, lanjut Rektor UNIKI, mencoba mendesain dimensi karakter sebagai titik sentral dalam pengajaran dan pendidikan kedepan, terutama dalam melahirkan tenaga-tenaga yang profesional dan kompeten di semua fakultas. Sebagai organisasi publik institusi ini terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kualitas lulusan," sebut Apridar.

Produktivitas UNIKI sebagai penyelenggaraan pendidikan tinggi tidak hanya ditentukan oleh teknologi, sistem, kurikulum, sarana prasarana, biaya dan manajemen. Tetapi juga oleh tenaga kependidikan dan non kependidikan seperti dosen, karyawan dan mahasiswa. 

"Insyallah, dalam waktu dekat ini kita akan membuka program pendidikan kajian Al-Quran semisal Pesantren Mahasiswa, Pendidikan tersebut kita harapkan menjadi modal utama dalam membentengi karakter lulusan yang mumpuni", kata Prof. Apridar.

Tambahnya, untuk melahirkan tujuan mulia tersebut, kita dituntut untuk mampu melaksanakan penguatan disetiap bidang seperti di bidang Bidang Akademik dan Alumni untuk menyiapkan semua perangkat yang mendukung terlaksananya proses pembelajaran sesuai tuntutan zaman, SDM yang mumpuni perlu dipersiapkan dengan berbagai pendidikan serta pelatihan bidang masing-masing. "Tranfer knowladge" antar lembaga dan atau tenaga pengajar perlu ditingkatkan sebagai mana tuntutan dari konsep kampus merdeka.

"Lagipun potensi para alumni perlu dioptimalkan dalam membangun peradaban melalui penguatan UNIKI yang bermartabat",ucapnya.

Rektor berharap kepada semua peserta in house traning, Semua pihak mampu bersinergi dalam membangun Almamaternya. Pelayanan prima harus dikedepankan dengan tetap bekerja secara profesional. Berbagai intrik tindakan yang dapat memecah belah persatuan dan kekuatan dalam membangun rumah besar Universitas Islam Kebangsaan Indonesia perlu segera ditinggalkan.

"Mari kita gapai kesuksesan dengan mengharap keberkahan dari Allah SWT "The Blising University," semoga dengan momentum hijrah ini kita jadikan sebagai tonggak untuk bangkit dan maju dalam meraih masa depan yang gemilang", pungkas Prof Apridar.

Sementara Ketua Pelaksana yang juga Wakil Rektor II, Chairul Bariah, S.E., M.M., menyatakan, dalam hal berbenah diri untuk penguatan institusi, Training dimaksud diikuti para Pimpinan, Dosen dan tenaga kependidikan serta stakeholder, di Aula Kampus utama UNIKI yang berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan 14 Agustus 202.

Kegiatan In House Training menghadirkan Kepala LLDikti Wilayah XIII Aceh, Prof. Dr. Faisal, S.H, M.Hum, Sekretaris LLDikti, Dr. Ilham Maulana, ST., M.T., serta Pimpinan Harian Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika. (LN/*)