Wujudkan Tramtibum, Satpol PP/WH Bireuen Gelar Pelatihan Linmas


-->

Iklan Utama

Wujudkan Tramtibum, Satpol PP/WH Bireuen Gelar Pelatihan Linmas

Rabu, 01 September 2021


Peunawa.com | BIREUEN - Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP/WH) Bireuen menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Linmas dalam rangka mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum Kabupaten Bireuen tahun 2021, pada tanggal 1-2 September 2021 di GOR Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa.

Peserta pelatihan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dihari Pertama, berjumlah 138 orang dari 3 kecamatan yaitu Peudada, Jeumpa dan Kota Juang kemudian tanggal 2 September 2021 diikuti oleh 235 Peserta dari Kecamatan Kuala, Juli dan Peusangan.

Kasatpol PP/WH, Chairullah Abed,SE dalam laporannya pada Rabu (1
0/09/2021) menyampaikan peserta Linmas terdiri dari 6 Kecamatan, Peudada Jeumpa, Kota Juang dan Kuala,Juli serta Peusangan dengan total peserta 373 orang.

"Setiap Kecamatan menghadirkan 84 hingga 104 Peserta berdasarkan jumlah desa dimasing masing kecamatan",sebutnya.

Kasatpol PP/WH juga mengatakan, pihak panitia turut menyediakan akomodasi berupa, Snack, Makan Siang dan Uang Saku.


Sementara Pelatihan Linmas Kabupaten Bireuen tahun 2021 dibuka Sekda Bireuen,Ir.Ibrahim Ahmad,M.Si secara resmi.

"Keberadaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) diatur berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009, pengertian Satlinmas menurut peraturan itu adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan",tutur Sekda Ibrahim Ahmad.

Dikatakan Sekda,pelatihan linmas ini bertujuan untuk dapat mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi Linmas melalui pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap keberadaan dilingkungannya.

"Peserta harus benar-benar mengikuti pelatihan Linmas dan menyerap seluruh petunjuk serta materi yang diberikan oleh instruktur, sehingga peserta dapat memahami bagaimana melakukan tindakan yang diperlukan dalam upaya membantu pemerintah dalam ikut serta mencegah terjadinya konflik diwilayah masing-masing",paparnya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, Linmas juga sebagai garda terdepan di lingkungan masing-masing dalam membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bireuen.

Kegiatan tersebut menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat seperti pakai masker, jaga jarak serta cuci tangan yang disediakan oleh panitia.(*/Ipul)