Bupati Bireuen Ajak Semua Pegawai Ikuti Vaksinasi Covid-19


-->

Iklan Utama

Bupati Bireuen Ajak Semua Pegawai Ikuti Vaksinasi Covid-19

_Pimred
Senin, 18 Oktober 2021

BIREUEN - Bupati Bireuen, mengajak semua pegawai dilingkungan Pemkab  Bireuen, untuk mengikuti kegiatan vaksinasi, sebagai upaya bersama guna meningkatkan ketahanan tubuh dan mencegah penyebaran Covid-19.

Harapan itu disampaikan oleh Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi dalam sambutan saat menjadi inspektur upacara apel rutin, digelar Senin (18/10/2021) pagi di lapangan Kapuspemkab.

Bupati menjelaskan, saat ini jumlah secara umum masyarakat di Bireuen telah divaksinasi hampir mencapai 70 ribu orang. Namun, dari presentase Bireuen masih rendah, urutan empat paling bawah dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Terkait vaksinasi Aparatur Sipil Negara (ASN), Bupati Bireuen telah mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor 3/INSTR/2021 tertanggal 4 Juni 2021.

Tentang, percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi ASN dan keluarga serta peningkatan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Deases 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bireuen.

Point dari instruksi itu diantaranya, Bupati Bireuen selaku ketua Satgas pengendalian Covid-19 Kabupaten Bireuen, mengintruksikan, kepada Sekda, kepala SKPK, Camat, untuk segera mendata kembali jumlah ASN lingkungan kerja masing-masing baik PNS maupun non PNS yang sudah dan belum melaksanakan vaksinasi.

Memerintahkan ASN yang belum melaksanakan vaksinasi agar segara mendapatkan vaksinasi dengan carq mengunjungi Puskesmas terdekat pada setiap hari kerja.

Bagi ASN yang belum mendapatkan vaksinasi dan tidak menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, tidak diperbolehkan masuk kantor untuk melaksanakan tugas sehari-hari dan akan diberi sanksi sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi.

Memastikan ketersediaan tempat cuci tangan yang berfungsi dengan baik, air dan sabun serta menyediakan handsanitizer disetiap ruangan. Pelaksana kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa dan atau kegiatan sosial lainnya, wajib melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Pelaksanaan intruksi ini merupakan salah satu unsur penilaian kinerja saudara selaku pejabat tinggi madya, pejabat tinggi pratama, dan pejabat administrator dilingkungan Pemkab Bireuen.

Intruksi Bupati Bireuen ini agar dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, intruksi Bupati Bireuen ini mulai berlaku pada tanggal 4 Juni 2021, terangnya.

Bupati Muzakkar A Gani mengatakan masih banyak ASN belum divaksinasi dan mulai hari ini akan sidak untuk mengetahui siapa yang sudah dan belum divaksinisasi.

Bagi ASN belum vaksinasi silahkan mengikuti vaksinasi oleh petugas vaksinator Polri dan Dinas Kesehatan Bireuen usai apel. "Bagi ASN yang terindikasi sakit silahkan minta surat dokter dirumah sakit," imbuh Bupati Bireuen.

Sementara itu, selesai apel Bupati didampinggi Asisten dan Kepala SKPK, memeriksa kartu vaksin bagi pegawai telah divaksinisasi dibarisan sebelah timur, sebagian besat dapat memperlihatkan bukti telah divaksin.

Sedangkan sejumlah pegawai belum divaksinisasi dibariskan di sebelah barat lapangan upacara. Dilokasi juga telah dipersiapkan sejumlah petugas vaksinator jajaran Dinas Kesehatan dan Klinik Urkes Polres Bireuen.(Diskominfo Bireuen)