Mahasiswa KKN-PPM 59 Unimal Inisiasi Pasang Papan Lorong dan Nomor Rumah Warga Blang Geulumpang Peudada


-->

Iklan Utama

Iklan berjalan

Mahasiswa KKN-PPM 59 Unimal Inisiasi Pasang Papan Lorong dan Nomor Rumah Warga Blang Geulumpang Peudada

Sabtu, 13 November 2021



Peunawa.com | BIREUEN -  Salah satu program kerja mahasiswa KKN K-59 Universitas Malikussaleh di Desa Blang Geulumpang, kecamatan Peudada, kabupaten Bireuen yaitu memasangkan papan nama lorong  dan penempelan nomor rumah warga, Sabtu (13/11/2021).

Program ini merupakan bentuk dedikasi mahasiswa kepada Desa guna mempermudah masyarakat desa Blang Geulumpang untuk mengingat nama-nama setiap lorong dan juga mempermudah orang-orang luar untuk mencari alamat.

Mahasiswa dari Universitas Malikussaleh yang sedang melakukan program KKN-PPM didesa Blang Geulumpang, kecamatan Peudada, kabupaten Bireuen berinisiatif membuat papan lorong. Kegiatan tersebut didasari oleh minimnya papan informasi lorong di desa tersebut. 

Putri Wildani selaku ketua kelompok 59 menuturkan bahwasanya pemasangan papan nama lorong ini didasarkan karena minimnya informasi penunjuk jalan desa.

"Kegiatan pembuatan dan pemasangan papan nama lorong dilakukan di halaman kantor keuchik bersama masyarakat dan perangkat desa. Pembuatan papan nama lorong tersebut dibagi dalam 2 tahap, tahap awal yaitu persiapan (pengukuran kayu, pemotongan kayu, pengecetan kayu) dan tahap kedua yaitu pemasangan papan nama lorong,"ujar putri.

Selain pemasangan papan nama lorong, mahasiswa KKN-PPM kelompok 059 UNIMAL juga melakukan penempelan nomor rumah di setiap rumah warga desa setempat. Hal ini dilakukan guna mempermudah masyarakat untuk mengetahui pemilik-pemilik rumah di desa tersebut.

Selama proses pemasangan papan informasi dan penempelan nomer rumah, para mahasiswa KKN mendapatkan respons positif dari masyarakat setempat. 

Malik Hasballah selaku Keuchik mewakili masyarakat Desa Blang Geulumpang mengucapkan banyak terimakasih kepada adik-adik mahasiswa KKN yang telah membuat papan nama lorong di desa yang ia pimpin.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN Kelompok 059, Dr. Murtala, SE., M, Si menyebutkan sangat mendukung kegiatan yang diadakan mahasiswa. 

"Hasil yang dicapai dalam program ini yaitu lebih terlihat jelas nama-nama lorong di desa blang glumpang dan dengan adanya papan nama-nama lorong, masyarakat dapat menjaga kerapian dan penataan nama lorong diDesa Blang Geulumpang terlihat lebih baik dan tidak membingungkan,"tutupnya.[Rnld]