Meski Merangkak dan Mengalami Benjolan Leher Makin Membesar, Bu Saminen Masih Berjualan

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Meski Merangkak dan Mengalami Benjolan Leher Makin Membesar, Bu Saminen Masih Berjualan

11/10/2021



Peunawa.com | KARANG BARU - Sanimen, seorang perempuan paruh baya di Desa Durian Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Tamiang yang mengalami benjolan dileher dan berjalan dengan merangkak berjualan cemilan demi memenuhi kelangsungan hidupnya.

“ Leher saya mengalami pembengkakan sedangkan saat ini saya juga tidak bisa berjalan layaknya orang normal, tetapi saya lebih memilih berjuang membuat aneka cemilan dari pada harus meminta-minta uluran tangan orang lain," tutur Tim ACT meniru Bu Saminem membuka percakapan, Rabu (10/11/2021).

Menurut keterangan Tim ACT Langsa, rumah yang di tempati sekarang hanya seukuran 6 x 7 meter berdinding papan dan ayaman bambu. Saminem memiliki tiga anak, namun ia tinggal sendirian di rumah kecil karena ketiga anaknya yang sudah dewasa memutuskan untuk merantau demi kehidupan yang lebih baik.
  
Saat ini ia terus berjuang ditengah himpitan ekonomi dan penyakit yang makin hari terus saja menggerogoti tubuhnya. Kedua kakinya tidak bisa digunakan seperti orang pada umumnya, ia berjalan dengan posisi duduk dan dibantu oleh satu tangannya agar tetap seimbang saat berjalan. Tak hanya itu, ada dua benjolan yang tumbuh di leher bu saminem. Memang benjolan itu sempat mengecil karena beliau sempat berobat dengan rutin. Tetapi semenjak anaknya tidak lagi bekerja sebagai TKW di negeri Jiran, ia terpaksa harus berhenti berobat karena memang biaya obatnya sangat mahal seukuran pendapatan dia yang sekarang.

“ Pendapatan saya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, itupun sudah sangat dihemat, kalau beli obat yang harganya mencapai Rp.400.000 perbotol ya saya tidak sanggup” Katanya kepada Tim ACT.

Sehingga ketika benjolan lehernya sakit, ia hanya mengompres dengan batu yang dipanasi atau memakai dedaunan yang sudah dibasuh dengan air.

Berjualan Aneka Cemilan.
Semenjak anaknya merantau, Bu Saminem tidak lagi bekerja sebagai tukang cuci dan setrika karena pekerjaan itu terlalu berat dan memang sudah dilakoninya puluhan tahun. Dia beralih untuk bekerja sesuai dengan kemampuan tubuhnya yaitu berjualan aneka cemilan mulai dari rengginang, kacang, sampai dengan mie yang digoreng kering lalu dimasukan sedikit bumbu.

Usaha mudijalankan 2 tahun dengan modal ratusan ribu rupiah, sisa tabungan ketika dia masih bekerja ditempat yang lama sebagai tukang cuci dan setrika.Untuk keperluan belanja, ia meminta bantuan tukang becak untuk membeli semua kebutuhan seperti minyak goreng, mie, kacang dan sebagainya.

Terpaksa Bekerja Sendiri
Sebenarnya saminem sangat senang jika usahanya ini dibantu oleh beberapa orang, sehingga dia tidak harus bekerja siang dan malam dalam kurun waktu beberapa  hari demi mengejar target jualan yang harus dipenuhi setiap minggunya. Menurutnya memakai tenaga kerja orang lain sangatlah tidak mungkin mengingat keuntungan yang didapat sangatlah kecil, hanya cukup untuk biaya operasional serta kebutuhan sehari-harinya.

“ Saya itu kalau sudah mulai menggoreng aneka cemilan ini, otomatis saya tidak mengerjakan pekerjaan lain, bahkan seperti mencuci pakaian, nyapu rumah sampai kadang tidak sempat masak juga. Karena setelah di goreng saya harus buru-buru mengemasnya dan dikirim ke warung langgganan saya,”imbuhnya.
 
Sempat ditipu dengan kedok pengobatan
Semua orang ingin sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa kembali. Inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa oknum yang menawarkan jasnaya untuk mengobati Bu Saminem.  Kala itu, dia tidak berburuk sangka atas niat baik orang lain yang kemudian dia mengenalkan diri sebagai ahli terapi yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dari hasil perbincangan mereka berdua, si Ahli Terapi tadi menawarkan jasanya dengan biaya Rp.900.000 dengan iming-iming kesembuhan. Dan langsung saja Bu Saminem mengiyakan permintaan si Ahli Terapi tadi, dan kabar buruknya terapi yang dijanjikan diawal perjanjian tadi tidak kunjung dilaksanakan.

Padahal, uang yang digunakan adalah modal usaha yang biasa Bu Saminem jadikan penompang hidup sehari-hari dengan berjualan cemilan. Alhasil ia sempat kekurangan modal untuk usahanya.

Hidup Mandiri dan Tidak Meminta-minta
Dulu itu Bu Saminem sering sekali diingatkan oleh pedagang dipasar yang kebetulan tempat dia membeli bahan pembuatan kue. Mereka menganjurkan untuk tidak bekerja lagi mengingat kondisinya sudah tua dan tidak bisa berjalan ditambah pembengkakan lehernya semakin membesar.

Tetapi Bu Saminem dengan segala kelembutannya menolak dan tetap pada pendiriannya, jika masih sanggup bekerja janganlah meminta-minta.
 
“Dari dulu saya tidak suka mengeluh kepada orang lain, bahkan kepada adik saya sendiri. Mereka saja sering kali tidak tahu saya tidak makan, ya karena saya memang tidak mau merepotkan oranglain” Katanya.

Berkeinginan Usahanya maju dan mandiri
Selama ini bu saminem berkeinginan dapat membangun usaha yang bisa berjalan sendiri tanpa harus banyak melibatkan tenaga fisik dikarenakan dia sedang sakit. Tetapi itu terkendala karena modal sangat kecil dimana tidak sampai 1 jutaan perkali dia membuat  cemilan. Padahal permintaan diluar sana sangatlah banyak.
 
Jika ia memiliki modal yang lebih besar, ia mampu memenuhi pasar dan juga dapat menggaji beberapa saudaranya untuk meringankan beban kerjanya. Selain juga membuka lapangan kerja.

“ saya tidak mau meminjam uang, karena saya takut tidak bisa mengembalikannya apalagi saya sudah tua dan sakit-sakitan. Terkecuali memang didampingi oleh orang yang mumpuni sehingga saya dibantu mengelola usaha ini sampai lancar “ ujar Bu Saminem.
 
Begitulah kisah hidup Ibu Saminem,Oleh karena itu, Aksi Cepat Tanggap Langsa berupaya menggalang donasi  agar bisa digunakan untuk membantu modal usaha bu Saminem sehingga usahanya bisa lebih besar dan selanjutnya beliau dapat melakukan pengobatan secara rutin. Bukan hanya disitu, Ibu Saminem akan didampingi oleh Pendamping yang disediakan oleh Aksi Cepat Tanggap Langsa. Donasi bisa langsung di tranfer ke rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap ( BSI #7164169067) atau diantar langsung ke kantor yang beralamt di Jl. Lilawangsa nomor 17,  Desa Paya Bujok Tunong, Langsa Baro, Kota Langsa. Silahkan konfirmasi melalui Whatapps (0822 9720 7127) atau DM @act_langsa.(Furqan)