Tanah Longsor Terjang Ponorogo Selatan, Polri Langsung Tanggap Bencana


-->

Iklan Utama

Tanah Longsor Terjang Ponorogo Selatan, Polri Langsung Tanggap Bencana

_Pimred
Sabtu, 20 November 2021

PONOROGO - Terjadinya bencana alam tanah longsor di Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo,  Jatim membuat Korps Bhayangkara bergerak cepat dengan membersihkan longsoran tanah yang menutup Jalan penghubung antar Desa Tugurejo dan Dukuh Kali Gondang Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Sabtu (20/11/2021).

Musibah bencana alam tanah longsor tersebut dibenarkan oleh Kapolres Ponorogo AKBP Catur C.  Wibowo melalui Kapolsek Slahung, AKP Hariyono. "Memang benar pada hari Jum' at malam 19 November 2021 terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan terjadinya bencana alam tanah longsor Sabtu Pagi ( 20/11 ) di Titik koordinat  -8°3'32.54"S 111°21'11.8"E.  Dkh. Tugunongko Rt  03 Rw. 04 Ds. Tugurejo Kec. Slahung Kab. Ponorogo," tutur AKP Hariyono.

Masih menurut dia dalam bencana tersebut tidak ada korban jiwa. "Longsornya tanah ini tidak ada korban jiwa akan tetapi menyebabkan Jalan penghubung antar Desa Tugurejo dan  Dukuh Kali Gondang Desa Gemaharjo Pacitan tertimbun material longsor sehingga jalan tidak bisa dilewati warga," bebernya. 

Menurut AKP hariyono guna mengantisipasi adanya korban jiwa dan longsor susulan pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk Pemdes Desa Tugurejo. "Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada 8 (Delapan) Kepala Keluarga (KK) yang kami diungsikan karena rumahnya berada tidak jauh dari titik longsor," paparnya. 

Dia menambahkan pihaknya langsung mengerahkan anggotanya ke titik lokasi longsor untuk membantu warga masyarakat. "Kami bersama masyarakat, TNI Koramil Slahung dan Pemdes Desa Tugurejo bergotong royong membersihkan longsoran tanah yang menutup jalan antara Desa Tugurejo - Dukuh Kali Gondang Desa Gemaharjo Pacitan, sehingga jalan dapat gunakan kembali sebagaimana mestinya," tukas AKP Hariyono. (Muh Nurcholis)