Warga Gampong Bandar Bireuen Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW


-->

Iklan Utama

Warga Gampong Bandar Bireuen Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Minggu, 21 November 2021

Makan bersama yatim/piatu


Peunawa.com | BIREUEN - Peringatan Hari Lahir Nabi Muhammad SAW digelar setiap tahun, Mulai dari 12 Rabiul Awal hingga Jumadil akhir Tahun Hijriah, hal ini juga dilakukan masyarakat Gampong Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen pada Minggu (21/11/2021).

Maulidirrasul Tahun 1443 H bertepatan 21 November 2021 berlangsung sukses.



Keuchik Bandar Bireuen Adnan Adam  menjelaskan, “Khanduri Mulod” sudah menjadi agenda rutin setiap tahun dilaksanakan  warga Bandar Bireuen sebagai memperingati Hari Kelahiran Penghulu Alam Rasulullah SAW yang telah berhasil mengantarkan umatnya dari alam Jahiliyah kealam Islamiyah yang penuh beperadaban.

Dikatakannya, persediaan makanan khanduri  Mulod dipersiapkan dari sedekah warga Bandar Bireuen berikut kuah beulangong  untuk melayani jamuan makan siang ribuan warga masyarakat Bandar Bireuen dan sekitarnya  yang diawali jamuaan makan siang kepada anak yatim Bandar Bireuen dan sekitarnya.

Jamuan makan siang ribuan undangan masyarakat Bandar Bireuen dan sekitarnya dilaksanakan usai penyerahan bingkisan kepada 25 anak yatim, berkat kerjama panitia Maulid dilayani dengan baik dan memuaskan warga masyarakat.

"Terlaksananya acara kenduri Maulidurrasul Tahun ini semata-mata karena kekompakan antara Pemerintahan Gampong bersama masyarakat dan sejumlah lembaga seperti Tuha Peut, Tuha Lapan, PKK dan Kepemudaan,"ungkap Keuchik Adnan Adam kepada media.

Adapun hidangan makanan dimaksud berasal dari shadaqah murni masyarakat Bandar Bireuen, yang  dalam memeriahkan peringatan Kelahiran penghulu alam, Nabi Besar Muhammad SAW.

Tambahnya, guna memperkuat syiar Islam  juga akan mengadakan Dakwah Islamiah pada malam harinya oleh penceramah kondang di Aceh Tgk. Saifuddin dari kecamatan juli kabupaten bireuen.

"Begitupun dalam memperkuat syiar Islam dan mengiringi keberkatan di Gampong Bandar Kota insya ALLAH akan kita adakan Dakwah Islamiah dengan menghadirkan pembicara tunggal atau Penceramah yaitu Tgk SAIFUDDIN insya allah nantik malam di laksanakan di meunasah Bandar Bireuen Kecamatan Kota Juang,"tutur Keuchik. 

Acara diwarnai lantunan Zikir dan Shalawat oleh Group "Dike" Gampong setempat beranggotakan belasan anak-anak mengagungkan asma ALLAH SWT dan Rasulullah Muhammad SAW serta Ceramah Agama pada malam harinya.(Ipul Sj)