Siswa MI Muhammadiyah Blangpidie Ikut Tasmi' Quran bil Ghaib


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Siswa MI Muhammadiyah Blangpidie Ikut Tasmi' Quran bil Ghaib

10/12/21

Blangpidie - Sejumlah 7 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti Tasmi' Quran bil Ghaib (melantunkan bacaan Al quran tanpa melihat mushaf) yang digelar di halaman MI Muhammadiyah setempat, Jumat (10/12/2021).

Kepala Sekolah MI Muhammadiyah Blangpidie, H. Husnulizar, S.Ag. mengatakan, Tasmi' Quran bil Ghaib ini merupakan kegiatan perdana yang digelar di sekolah tersebut.

"Kita harapakan dengan diadakan acara ini, siswa-siswi MI Muhammadiyah, akan lebih semangat untuk menghafal Al-quran dan memperlancar bacaannya,” kata Husnulizar,

Ia menuturkan, adapun siswa yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut, yakni siswa yang sudah diseleksi dan memenuhi kriteria untuk tampil. Penyeleksian dan pembinaan dilakukan oleh ustad dan ustazah yang mengampuh kegiatan tahfidz di madrasah.

Di samping itu, kata Husnulizar, acara ini juga bertujuan untuk mendekatkan siswa-siswi MI Muhammadiyah Blangpidie dengan Al-quran, serta memotivasi siswa-siswa lain untuk terus berjuang bersama-sama dalam menghafal Al-quran.

“Disamping itu, kami juga ingin menumbuhkan jiwa mencintai Al-quran dalam diri anak-anak didik, sehingga dengan demikian, mereka akan meluangkan banyak waktunya untuk membaca Al-quran, ketimbang lalai dengan hal-hal yang tidak bermanfaat,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan mulai dari tanggal 10-12 Desember 2021. Adapun kategori tasmi yang dilaksanakan, dimulai dari tasmi' 1 juz, tasmi' 2 juz, sampai tertinggi tasmi' 3 juz, sesuai kemampuan peserta yang ditasmikkan.

Sementara itu, salah satu ustad pembina kegiatan tahfidz, Robi Soelmi menyampaikan,  program melantunkan bacaan Al quran tanpa melihat mushaf ini akan dijadikan program rutin yang akan diuji setiap akhir semester di MI Muhammadiyah.

"InsyaAllah, acara ini akan kita adakan rutin setiap akhir semester, dan diprediksikan setiap semester akan bertambah jumlah pesertanya karena beberapa siswa sudah banyak juga yang hampir memenuhi syarat, untuk semester depan yang belum tampil akan terus kita asah agar bisa juga di tasmikkan,” sebutnya.(M)