Babinsa Koramil 02/Samalanga Monitoring Debit Air Krueng Batee Iliek Yang Meluap Di Pemukiman Warga


-->

Peunawa

Iklan Berjalan

Babinsa Koramil 02/Samalanga Monitoring Debit Air Krueng Batee Iliek Yang Meluap Di Pemukiman Warga

Selasa, 18 Januari 2022

Peunawa.com
Bireuen - Babinsa Koramil 02/Samalanga Kodim 0111/Bireuen Serka Efendi melaksanakan pemantauan dan monitoring daerah wilayah binaan, berkaitan dengan meluapnya air irigasi Krueng Batee Iliek yang meluap di enam Desa Kecamatan Samalanga Kab. Bireuen, selasa malam (18/01/2022).

Dalam kegiatan tersebut babinsa menyampaikan bahwa Bencana banjir terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi, sehingga luapan air irigasi Batee Iliek membanjiri pemukiman warga masyarakat yang di lewati aliran irigasi Batee Iliek. 

"Enam desa di Kec. Samalanga tersebut terdampak Banjir akibat curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan aliran irigasi meluap naik dan tidak mampu menampung debit air yang cukup tinggi," ucapnya. 

Adapun Enam Desa yang terdampak oleh luapan air Irigasi Batee Iliek antara lain Desa Cot Siren, Desa Alue Barat, Desa Ulee Alue, Desa Matang, Desa Geulumpang Payong dan Desa 
Paloh. Untuk kedalaman air yang meluap di Enam desa tersebut kisaran 20-30 Cm.

Babinsa Koramil 02/Samalanga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi musibah banjir tersebut.

Lebih lanjut, Kegiatan yang dapat dilakukan adalah memantau dan mengantisipasi situasi yang dihadapi saat ini yaitu masalah luapan air irigasi yang melanda di wilayah Kec. Samalanga Harapannya luapan air bisa cepat surut dan tidak meluas ke desa -desa lainnya di kec. Samalanga Kab. Bireuen.(*)