Bupati Bireuen Irup Upacara HAB ke 76

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Bupati Bireuen Irup Upacara HAB ke 76

1/04/2022

BIREUEN - Bupati Bireuen, menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama, berlangsung, Senin (3/1/2022) pagi di Halaman Pendopo Bupati.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi, dalam arahannya membaca teks pidato Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan. Pada hari Senin 3 Januari 2022, keluarga besar Kemenag memperingati HAB ke-76 Kemenag dengan penuh rasa syukur dan suka cita.

Sebab, sejak dibentuk 3 Januari 1946, Kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. 

Pada setiap HAB tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai Kick Off pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan. Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, NKRI untuk tetap dalam jalurnya.

Salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kemenag telah mengajukan kepada Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 PNS Kemenag dari 79 satuan kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara. 

Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan itu, dan pada HAB ke-76 atas nama Presiden, diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun 2.802 orang, dan 10 tahun 5.999 orang PNS Kemenag.

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kemenag dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama," tutur Menteri Agama RI.

Lanjutnya, di usia ke-76 ini, Kemenag harus terus berbenah. Prestasi telah diraih harus dipertahankan, secara bersamaan, perlu terus berinovasi mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi, jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula lima nilai budaya kerja Kemenag yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, keteladanan, menjadi bagian tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi selaku PNS.

Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, PNS Kemenag akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Kemudian tagline peringatan HAB ke-76 Kemenag yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan, imbuhnya.

Transformasi itu meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kemenag dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Saya ucapkan selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus berjaya serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik," ujar Menteri Agama disampaikan papar Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi.

Sumber: Diskominsa Kabupaten Bireuen