Dalam Rangka Bhakti TNI-Polri Dan Kejari Laksanakan Donor Darah Jelang Ramadhan 1443 H


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Dalam Rangka Bhakti TNI-Polri Dan Kejari Laksanakan Donor Darah Jelang Ramadhan 1443 H

09/03/22

Peunawa.com
Bireuen, - Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P TNI-Polri dan Kejaksaan Negeri dalam rangka kegiatan Bhakti Donor Darah menjelang ramadhan 1443 H yang bertempat di Mapolres Bireuen Jalan Medan - Banda Aceh Desa Cot Buket Kec. Peusangan Kab. Bireuen, Rabu (09/03/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang Aula Mapolres Bireuen tersebut dihadiri sekitar 200 orang personel gabungan TNI-Polri dan Kejaksaan Negeri Kab. Bireuen, yang diantaranya adalah Dandim 0111 /Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P, Kapolres Bireuen Kapolres Bireuen AKBP. Mike Hardi Wirapraja S.IK. MH, Kasdim 0111 /Bireuen Mayor Arh R. Samosir, Kabagops Polres Kompol Afrizal SE, MM, Plh. Pasi Ops Kodim 0111 /Bireuen Kapten Inf Agus. S, Para Danramil dan perwira staf Kodim 0111 /Bireuen,  Dokter klinik Polres Bireuen dr. Yenny Rahmi, Para personil Kodim 0111 /Bireuen dan personil Polres Bireuen. 

Dalam kegiatan Apel gabungan dan Bhakti Donor Darah tersebut Komandan Kodim 0111/Bireuen Berkesempatan memberikan sambutan yang isinya antara lain Sebagai insan hamba tuhan yang beriman dan bertaqwa harus selalu bersyukur pada hari ini kita dapat menghadiri dan mengikuti acara bhakti donor darah dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan salah satu mitra kita yang bergerak di bidang kemanusiaan dan memiliki tujuan yang mulia yakni untuk memberikan bantuan dalam bidang kesehatan berbasis masyarakat, diantaranya adalah mengelola unit transfusi darah secara profesional.

"Selanjutnya Kegiatan ini dilakukan dalam Sinergitas TNI/Polri dan Forkomipda Kab. Bireuen untuk membantu PMI guna memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat, Adapun manfaat -manfaat yang nyata dalam donor darah yaitu  mengurangi resiko terjadinya stroke, serangan jantung serta membantu kelancaran peredaran aliran darah (sistem kardiovaskular), Donor darah ini juga mampu memberikan kesehatan psikologis bagi pendonor dengan membantu orang lain, " tutur Dandim. 

Lebih lanjut lagi, darah dapat menjadi obat yang menyembuhkan penyakit bahkan menyelamatkan nyawa yang sampai saat ini belum dapat digantikan ataupun dibuat tiruannya,Donor darah adalah Sesuatu yang teramat penting, yang benar-benar berarti “nyawa” bagi kehidupan seseorang, setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya, Dengan membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri Insya Allah, kegiatan donor darah kali ini dapat menjadi magnet yang luar biasa untuk melahirkan suatu pemikiran yang mulia, yang pada akhirnya membuat orang tersadar kalau hidup ini terbatas sehingga mereka termotivasi untuk menghargai hidup dan berusaha mencapai tujuan yang mulia, tambahnya.

"Peran serta TNI/Polri bersama-sama dengan palang merah indonesia (PMI) yang telah terjalin begitu lama harapannya dapat terus terjalin serasi dan harmonis, pelaksanaan donor darah ini dapat membawa manfaat bagi semua pihak, dalam membina serta mengembangkan dalam meningkatkan kualitas potensi sumberdaya manusia, agar visi, misi, dan program Palang Merah Indonesia ke depannya dapat diwujudkan secara berkesinambungan," tutup Dandim.

Pada pelaksanaan kegiatan bhakti tersebut mendapatkan Darah segar yang terkumpul sebanyak 67 kantong, Darah tersebut akan disimpan oleh UTD RSUD dr. Fauziah Bireuen sebagai stok bagi masyarakat yang akan membutuhkan.(*)