Pemda Bireuen Harap Sarjana Lulusan Umuslim Miliki Inovasi Raih Peluang Kerja


-->

Peunawa

Iklan Berjalan

Pemda Bireuen Harap Sarjana Lulusan Umuslim Miliki Inovasi Raih Peluang Kerja

Rabu, 09 Maret 2022

Peunawa.com
BIREUEN - Bupati Bireuen berharap supaya tidak menjadi pengangguran intelektual, para lulusan Universitas Almuslim Peusangan, harus memiliki inovasi meraih peluang kerja semakin ketat dan sempit sekarang ini.

Hal itu disampaikan Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi dalam rapat senat terbuka wisuda sarjana dan ahli madya angkatan XXXIV Umuslim Peusangan, berlangsung,
Rabu (9/3/2022) di Aula Ampoen Chiek Peusangan.

"Saya berharap adik-adik wisudawan agar mengingat peran dari orang tua dalam berjibaku, berusaha dari kecil menyekolahkan sampai jadi sarjana, dan semoga semua menjadi orang yang berguna bagi bangsa, negara," sebutnya.

Kata Bupati, dalam dekade 22 tahun terakhir, Umuslim Peusangan Bireuen terus maju dan berkembang, karena itu mari kita selalu menghargai peran dan jasa tokoh Umuslim. Begitu juga regenerasi pengurus yayasan, dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas infrastruktur menjadi lebih bagus.

Menyikapi wisuda dari tahun ke tahun, kata Bupati, kepada civitas akademika harus melakukan evaluasi baik out put wisudawan, apa sudah ada out come ke masyarakat, sudah seberapa besar, banyak telah bekerja sesuai bidang keilmuan dimiliki.

Bupati mengharapkan sarjana tidak saja mencari kerja tetapi juga bisa membuka peluang kerja, dan tidak saja menghasilkan sebuah lebeling tentang kesarjanaan, tetapi harus ada inovasi ke depan banyak lapangan kerja dapat dilakukan.

Penerimaan PNS terbatas, bahkan tahun ini pegawai kontrak tidak boleh ada lagi di pemerintahan, ini salah satu dampak Pandemi Covid-19 dan kemampuan anggaran pemerintah terbatas.

Tahun 2023 tidak ada lagi tenaga honorer, diganti Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), dan ini menjadi tantangan bagi kita, semoga ilmu pengetahuan yang diperoleh di manfaatkan dengan baik.

"Maka wisudawan harus ada sesuatu yang dapat dilakukan untuk menjalani kehidupan ini, supaya tidak menjadi penganggur intelektual," jelas Bupati Bireuen.

Umuslim Peusangan selain butuh adanya profesor, juga insfratruktur yang memadai untuk melaksanakan pratikum, bisa menghasilkan produk inovasi, seperti mobil, sepeda, drone, dan lainnya sehingga Umuslim dapat mempunyai daya saing, pungkas Bupati Dr H Muzakkar A Gani, SH MSi. (*)

Sumber: Diskominsa Kabupaten Bireuen