Siswa SMP NEGERI 2 Bireuen Lahirkan Buku Antologi Puisi


-->

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Siswa SMP NEGERI 2 Bireuen Lahirkan Buku Antologi Puisi

26/07/22

Peunawa.com
Siswa SMP Negeri 2 Bireuen  berhasil menulis  sebuah buku antologi  melalui Program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional, yaitu sebuah program pengembangan literasi sekolah nasional yang memfasilitasi seluruh siwa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sederajat untuk dapat menerbitkan buku ber ISBN,

Mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi serta pendampingan program. GSMB Nasional merupakan salah satu program dari Nyalanesia, sebuah lembaga yang bertujuan menciptakan ekosistem literasi dan pendidikan yang berkemajuan di Indonesia,

Bergabungnya SMP Negeri 2 Bireuen dalam program literasi  GSMB Nasional ini tidak terlepas dari penerimaan dan dukungan Kepala Sekolah, Bapak Yuslia S.Pd. Beliau menyambut baik program ini untuk dijalankan di sekolahnya.

Alhasil, berkat kerja keras para siswa yang dikoordinir oleh guru koordinator, Rahmatia S.Pd sekolah ini telah berhasil membukukan karya sastra siswa dalam bentuk puisi. Buku tersebut  mengangkat judul Angan Menembus Cakrawala dan ber ISBN.

Atas pencapaian tersebut, SMP Negeri 2 Bireuen mendapat apresiasi berupa plakat sekolah aktiv literasi nasional, piagam penghargaan kepala sekolah aktif literasi dan  sejumlah piagam penghargaan lainnya.

Penyerahan buku, pengumuman siswa penulis terbaik dan penyerahan  penghargaan kepada pihak sekolah dilakukan oleh Dewi Sofiana SP,  Sosialisator Program Literasi (SPL) Nasional Nyalanesia. Acara ini berlangsung di komplek SMP Negeri 2 Bireuen yang beralamat di Jln Taman Siswa,  Geulanggang Baro Kec. Kota Juang, selepas kegiatan apel upacara bendera Senin pagi 25/7/2022.

Para siswa tampak sangat senang dan antusias menyaksikan karya tulisnya telah berhasil diterbitkan menjadi sebuah buku.  Saat ditanya bagaimana pandangan terhadap program, Kepala Sekolah, Yuslia SPd menyatakan bahwa program literasi GSMB Nasional membawa manfaat yang besar bagi siswanya karena telah memberi ruang kepada mereka untuk dapat menulis dan membukukan hasil karyanya. “ Kita tak berhenti sampai disini, tetapi akan kembali mengajak siswa untuk menulis buku berikutnya,” ujar Yuslia.

Beliau menambahkan, akan terus melakukan berbagai upaya mengembangkan literasi di sekolah yang dipimpinnya itu. Salah satunya melalui kegiatan pengayaan dan pembekalan menulis yang telah dijadwalkan dan diatur dalam kegiatan pembelajaran sekolah.

“Insya Allah tahun ini kita akan kembangkan ke segmen lainnya dari program GSMB Nasional, sebut  bapak kepsek yang juga kepala sekolah penggerak ini. Ia berharap tahun ini dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik demi keberhasilan program .(Dewi)