Pasca Musibah Kebakaran, Pj Bupati Aceh Utara Kunjungi Dayah Madinatuddiniyah Babul Huda


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Pasca Musibah Kebakaran, Pj Bupati Aceh Utara Kunjungi Dayah Madinatuddiniyah Babul Huda

23/08/22

Peunawa.com
Aceh Utara - Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, melihat langsung kondisi Dayah Madinatuddiniyah Babul Huda di Dusun Glee Madat Gampong Paloh Lada Kecamatan Dewantara yang mengalami musibah kebakaran pada Sabtu pekan lalu.

Kunjungan Pj Bupati Azwardi bersama rombongan disambut langsung oleh Pimpinan Dayah Madinatuddiniyah Babul Huda Dusun Glee Madat Gampong Paloh Lada, Tgk Nazaruddin ZA atau yang sering disapa Abi Gade, Senin sore (22/08/2022). 

Dalam kunjungan itu, turut didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Fuad Mukhtar, S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Abdullah Hasbullah, SAg, MSM, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Asnawi, ST, MSM, Camat Dewantara Nawafil Mahyudha, S.STP, dan Kepala Bagian Kesra dan Keistimewaan Aceh Setdakab M Dahlan, SE.

Pada kesempatan itu Abi Gade menyampaikan terimakasih atas kunjungan langsung Pj Bupati Azwardi bersama pejabat lainnya yang telah melihat langsung kondisi dayah setelah mengalami musibah kebakaran pada akhir pekan lalu.

Disebutkan, akibat kebakaran tersebut sebanyak enam bilik santri putra musnah dilalap api. Musibah kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 09.30 WIB pada Sabtu pekan lalu, saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung dalam komplek dayah. 

Sebanyak enam bilik atau kamar santri yang hangus dilalap si jago merah tersebut dihuni oleh 25 santri putra dayah itu. 

Saat ini mereka harus ditempatkan ke bilik lain untuk sementara, sedangkan barang-barang milik mereka, termasuk pakaian, kitab dan perlengkapan lainnya, ikut musnah akibat kebakaran tersebut.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran, namun barang-barang santri ikut habis terbakar,” ungkap Abi Gade.

Diperkirakan kerugian akibat dari kejadian musibah kebakaran tersebut sekitar Rp100 juta. 

Sementara Pj Bupati Aceh Utara Azwardi pada kesempatan itu juga mengatakan Pemkab Aceh Utara akan berupaya membantu untuk bisa terbangun kembali bilik santri yang terbakar. Begitu juga kebutuhan santri lainnya, sehingga para santri kembali dapat belajar dengan nyaman.

Diketahui sebelumnya, Kepala Dinas Sosial dan P3A Aceh Utara Fuad Mukhtar, SSos, juga telah mengantar kebutuhan masa panik untuk dayah tersebut pada Sabtu, 20 Agustus 2022 kemarin. 

Bantuan tersebut sesuai dengan perintah Pj Bupati Azwardi agar bergerak cepat ke lokasi kebakaran untuk membantu kebutuhan masa panik, terutama berupa sembako dan sandang. (Murhaban)