Mahasiswa KKN Tematik Unimal Kelompok - 22 Lakukan Percobaan Abon Pepaya, rupanya ini Tujuannya


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Mahasiswa KKN Tematik Unimal Kelompok - 22 Lakukan Percobaan Abon Pepaya, rupanya ini Tujuannya

IsMed
10/11/22

KKNT Unimal

Peunawa.com | Aceh Utara - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok - 22 Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe membuat sebuah trobosan dalam hal penyediaan makanan siap saji.

Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh mahasiswa KKNT Unimal yang ditempatkan di Gampong Uteun Geulinggang, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara adalah membuat Abon Pepaya.

Kegiatan itu merupakan salah satu Program Kerja (Proker) kewirausahaan mahasiswa KKNT Unimal di Desa Uten Geulinggan. Pengolahan Abon Pepaya itu sendiri dilakukan oleh mahasiswa KKNT Unimal Kelompok - 22 di Posko Desa Uten Geulinggang. Pembuatan Abon Pepaya ini laksanakan pada Senin 7 November 2022 lalu, Ungkap Rayyan selaku Ketua Bidang Humas KKNT Kelompok - 22 Unimal.


Rayyan juga menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga dan menghasilkan produk UMKM  di Desa Uten Geulinggang. 

Sementara itu, Ketua Kelompok 22 KKNT Unimal, Tresnawan Maulana menambahkan, kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan bagi Ibu Rumah Tangga (IRT) di Uteun Geulinggang. 

"Semoga, dengan adanya kegiatan itu dapat membuka wawasan dan keahlian para IRT untuk memanfaatkan buah Pepaya menjadi makanan olahan siap saji," sebut Tresnawan Maulana.

Kata dia, untuk mendapatkan buah Pepaya, para IRT dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam Pepaya.

" Pengolahan Pepaya menjadi Abon merupakan nilai tambah bagi buah Pepaya itu sendiri. Semoga kegiatan ini dapat menambah kreativitas IRT untuk mebuat Abon Pepaya yang kemudian dapat dijual guna meningkatkan ekonomi keluarga," harap Tresnawan Maulana.

DPL Kelompok 22 KKNT, Dr. Faisal, S.Ag., S.H.,M.Hum mengatakan bahwa tujuan mahasiswa bermasyarakat dilokasi KKN untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku Kuliah.

" Mahasiswa juga mampu menerapkan Kreativitas dan Inovasi selama KKNT. Oleh karena itu mahasiswa diharapkan agar bisa berfikir lebih kreatif dan inovatif," pesan Dr. Faisal. (Rnd/Is)