Kakanwil Kemenag Aceh Apresiasi Penyuluh Award Nasional, Kompetisi Film Pendek dan Kukuhkan Pengurus IPARI

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Kakanwil Kemenag Aceh Apresiasi Penyuluh Award Nasional, Kompetisi Film Pendek dan Kukuhkan Pengurus IPARI

9/25/2023

Banda Aceh - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh Drs. H. Azhari berikan apresiasi kepada para Penyuluh Agama Islam Award 2023 yang berhasil di tingkat Nasional serta penghargaan kepada para peserta Kompetisi Film Pendek Islami Provinsi Aceh. 

Acara yang digelar di aula Kanwil Kemenag Aceh pada Senin pagi (25/09/2023) itu, H. Azhari juga mengukuhkan Pengurus Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) wilayah Provinsi Aceh Periode 2023 - 2027.

Dalam arahan dan bimbingannya, H. Azhari mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas capaian semua prestasi di jenjang provinsi dan nasional bersama para juara.

"Pada para pemenang kami sampaikan selamat atas perolehan yang diraihnya. Ke depan semoga lebih baik lagi," ajaknya. 

Dihadapan para Pengurus IPARI, para Kakankemenag, para Kabid, para Kasi dan jajaran Kanwil Kemenag Aceh, H. Azhari sampaikan juga sejumlah prestasi yang telah ditoreh delegasi Aceh, termasuk antara lain oleh penyuluh, guru, siswa, dan santri-santri. 

H. Azhari lanjut menyampaikan dinamika dan regulasi Penyuluh Agama, disertai hak dan kewajibannya.

"Kita paham tugas penyuluh itu berat, tapi ini mulia. Orang yang paling mulia, para penyuluh, termasuk yang diulang-ulang penyebutannya dalam Al-Quran. Misalnya penyuluh ini orang yang menyeru dalam kebaikan," ungkap Azhari. 

Penyuluh Agama, dirincikan Kakanwil Kemenag Aceh sebagai ujung tombak Kemenag dalam masyarakat, dan diharapkan dapat berperan sebagai informatif, edukatif, konsultatif, dan peran advokatif. 

"Semoga ke depan penyuluh semakin cerah dan bersemangat dalam berkiprah. Tugas besar yang diemban bisa dilaksanan jika diiringi niat ikhlas, serta kebersamaan," harapnya. 

Dalam penutupan arahan dan bimbingan yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Aceh itu juga diwarnai dengan bait pantun.

Ke Kota Banda membeli roti, roti dibagi kepada tetangga. Selamat dan sukses untuk IPARI, melaksanakan tugas suci Penyuluh Agama. Penyuluh Agama Award dan Film Pendek Islami, sebagai metode mengisi syiar agama. Mari berjuang dengan IPARI, untuk kemajuan dan kejayaan Kementerian Agama," tuturnya. 

Sebelum itu, dalam sambutannya Plt Kabid Penaiszawa H Zulfikar SAg MAg menyampaikan kegiatan ini di rangkum sekaligus dalam beberapa acara. 

Selain apresiasi atau Kakanwil Award untuk Juara Kompetensi Film Pendek, lapornya, juga apresiasi atau Kakanwil Award untuk para Juara Lomba Penyuluh Agama ditambah dengan acara pengukuhan PW IPARI Aceh. 

Untuk diketahui, Pengurus IPARI Aceh yang dikukuhkan yang menjadi Ketua Umum PW IPARI Aceh Dra Evi Sri Rahayu, Sekretaris Umum Rahmawati STh, dan Bendahara Umum Raudhatul Jannah SAg.

Kepengurusan masa bakti 2023-2027 ini dilengkapi Pengurus Harian dan sejumlah Devisi/Bidang yang diamanahkan pada jajaran Penyuluh se Aceh.

Selain Kakanwil sebagai Pembina PW IPARI, Dewan Pengarah termasuk Kabag TU, Kabid Penaiszawa, dan para Kakankemenag se Aceh. 

Acara tersebut turut dihadiri Kakankemenag Aceh Besar H Salman Arifin SPd MA, Kakankemenag Aceh Utara Drs H Maiysri MA, dan para Kasi Bimas yang sekaligus mewakili para Kakankemenag daerah kerja para sang juara yang ikut diapresiasi kali ini. (Murhaban)