Ini Pesan Camat Cot Girek, Saat Buka MTQ Ke 1 Tahun 2023

Adsense

 

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Ini Pesan Camat Cot Girek, Saat Buka MTQ Ke 1 Tahun 2023

12/19/2023

Aceh Utara - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kecamatan Cot Girek Ke 1 Tahun 2023, di buka secara resmi oleh Camat Cot Girek Kamaruddin KS, S.STP.,MAP, yang di laksanakan di halaman Masjid Besar Baiturridha KM 12, Minggu malam (17/12/2203).

Pembukaan MTQ perdana tingkat Kecamatan Cot Girek ini dipandu oleh moderator ternama Ir. Muhammad Hatta,S.ST.,MT yang akrab disapa Bung Hatta yang turut dihadiri Anggota DPRK Aceh Utara, Muspika setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat, para Mukim, para Geuchik serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Cot Girek yang akarab disapa Pak Kemal itu mengajak untuk marilah kita bersama sama memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat Islam, nikmat iman, nikmat sehat wal apiat, dan nikmat panjang umur.

Sehingga kita bisa melaksanakan pembukaan MTQ ke 1 tingkat Kecamatan Cot Girek dengan tema yang kita usung "Menjadikan MTQ Sebagai Estafet Generasi Qur'ani Menuju Kec. Cot Girek Maju dan Bermartabat"

"Ini merupakan MTQ perdana di Kecamatan Cot Girek, semoga tidak berhenti di angka satu. Harapan kami, walaupun kami para Muspika saat ini mungkin nanti tidak lagi disini, semoga MTQ ini menjadi agenda rutin, terutama didukung penuh oleh para geuchik," harapnya.

Dikatakannya, untuk peserta yang ikut MTQ ini, para pemenang nantinya akan kita persiapkan sebagai peserta mewakili Kecamatan ditingkat Kabupaten nantinya.

"Kita berharap peserta yang kita kirimkan, punya kualitas yang lebih baik sebelumnya. Karena ditingkat kabupaten, Kecamatan kita dikenal sebagai ahli kaligrafi, semoga kedepan kita juga dikenal dan unggul dicabang lainnya," terangnya.

Ini juga menjadi ajang untuk para Dayah, Pesantren, dan Balai Pengajian agar dapat melihat para santri yang punya potensi di masing masing cabang, untuk dapat kita bina dan kita latih. Semoga Dayah ini, dapat menyumbang bibit generasi unggul untuk tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional.

Dalam rangka pemilu lanjut Pak Kemal, masyarakat Cot Girek, agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan dilingkungan masing-masing, biasanya tahun pemilu itu semakin dekat tensinya semakin meningkat.

"Jadi untuk para kita semuanya saling menjaga untuk tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," imbuhnya.

Sebelum membuka MTQ ini, dihadapan ratusan pengunjung, Camat Cot Girek juga membaca beberapa bait pantun, yaitu "pergi ke Jakarta naik pesawat, tak boleh membawa korek karena berbahaya, al-qur'an penuntun agar hidup selamat, MTQ terselenggara Cot Girek berjaya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ust. Nuryaumin, KS, S.Pd.I., MA dalam sambutannya meghaturkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan MTQ ini.

"Maka keikhlasan dari semua pihak yang membantu kesuksesan acara ini, semoga Allah catat sebagai amal kebaikan. Kita berharap kekurangan di event ini dapat disempurnakan oleh generasi kita dimasa yang akan datang," ucapnya.

Ust. Nuryaumin mengatakan bahwa MTQ ini akan digelar mulai Minggu 17 Desember hingga Rabu 20 Desember 2023 mendatang, dengan terdiri 4 cabang, yakni Syarhil, Tilawatil, Fahmil dan Azan.

Dijelaskannya, peserta kurang lebih sebanyak 55 orang, dengan sistem metedologi penilaian adalah babak penyisihan dan babak final.

"Mudah-mudahan dengan adanya acara pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Ini, bisa memberikan motivasi kepada anak-anak kita begitu juga kita sebagai orang tua untuk lebih mencintai, mempelajari, dan mengamalkan Al-Qur’an. Karena begitu besar manfaat yang kita dapat dari mengamalkan Al-Qur’an,dan mudah mudahan MTQ ini bisa menjadi agenda rutin tahunan," tuturnya. (Murhaban)