127 Jamaah Calon Haji Ikuti Manasik Tingkat Kecamatan Wilayah III di Bireuen

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

127 Jamaah Calon Haji Ikuti Manasik Tingkat Kecamatan Wilayah III di Bireuen

4/22/2024



Peunawa.com |Bireuen - Sebanyak 127  Jamaah Calon Haji mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Manasik Haji tingkat kecamatan wilayah III yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bireuen di Mesjid At-Taqarrub Simpang Mamplam pada Senin (22/04/2024).

Waled  Zulfitri dalam laporan panitia menyebutkan pelaksanaan kegiatan manasik haji akan berlangsung selama 8 hari, sejak tanggal 22 April hingga 29 April 2024.  

“Manasik haji tingkat kecamatan wilayah III meliputi kecamatan Peulimbang, Jeunieb, Pandrah, Simpang Mamplam dan Samalanga”, jelas Kepala KUA Samalanga, Waled Zul

Adapun Jamaah Calon Haji dari Kecamatan Peulimbang berjumlah 7 jamaah, Jeunieb berjumlah 56 jamaah, Pandrah berjumlah 15 jamaah, Simpang Mamplam berjumlah 24 jamaah dan 27 jamaah berasal dari Kecamatan Samalanga.

Sekretaris Camat Kecamatan Simpang Mamplam, Bukhari dalam sambutan sekaligus membuka acara mengucapkan terimakasih kepada pihak Kementerian Agama Kabupaten Bireuen yang telah melaksanakan kegiatan manasik haji dan telah memberi kesempatan kepada Kecamatan Simpang Mamplam sebagai tuan rumah.

“Kami dari pihak pemerintah Kecamatan Simpang Mamplam sangat mendukung kegiatan manasik haji tingkat kecamatan sebagai ikhtiar untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang sikap dan perilaku kepada calon jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji",ucapnya.

Bukhari juga menyampaikan harapan kepada Jamaah Calon Haji untuk dapat mengikuti kegiatan manasik haji dengan serius, disiplin dan aktif bertanya untuk materi-materi yang kurang dipahami agar ibadah lebih sempurna.

Setelah kegiatan pembukaan, Jamaah langsung mendapatkan materi pemantanpan ibadah dan kegiatan selama penerbangan yang disampaikan oleh Drs. H. Mukhlis.

Dalam paparan materinya, Mukhlis yang merupakan Kasie Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenag Bireuen menyampaikan kegiatan menjelang keberangkatan naik pesawat hingga kegiatan yang akan dilakukan oleh jamaah nantinya di dalam pesawat serta daftar barang bawaan jamaah haji yang mesti disiapkan selama menjalankan ibadah haji.

“Hendaknya jamaah dapat mengisi waktu selama perjalanan dengan berzikir, menghafal doa-doa atau membaca buku manasik haji”. Sebutnya.

Selain itu Mukhlis juga meminta para jamaah untuk dapat mengikuti arahan petugas kloter dan segala ketentuan selama perjalanan dari embarkasi sampai bandara Jeddah, Arab Saudi.

Sebagai informasi, Jamaah Calon Haji Wilayah III yang tergabung dalam kloter 9 akan memasuki asrama pada tanggal 5 Juni 2024 pukul 08.00 WIB dan akan terbang pada tanggal 7 Juni 2024 pukul 03.35 WIB. Insyaallah akan Kembali ke Inonesia pada tanggal 19 Juli 2024 pada pukul 06.40 WIB.

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Camat Kecamatan Simpang Mamplam, Pihak Puskesmas, tokoh agama, serta Kepala KUA Kec. Peulimbang, Kepala KUA Kec. Jeunieb, Kepala KUA Kec. Pandrah, Kepala KUA Kec. Simpang Mamplam dan Samalanga. (Ril/*)