Perjalanan Spiritual Menuju Akhir Ramadhan, Masjid Haji Muhammad Hanafiah Gelar Halaqah

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Perjalanan Spiritual Menuju Akhir Ramadhan, Masjid Haji Muhammad Hanafiah Gelar Halaqah

4/06/2024

Ketua Kompas Aceh Utara serta para Pimpinan Zikir Kompas pimpin Halaqah 10 akhir Ramadhan 1445 H di Masjid Haji Muhammad Hanafiah.

Lhoksukon - Tanpa terasa sudah memasuki 10 hari terkahir dibulan Ramadhan 1445 Hijriah, Halaqah Ramadhan yang bertajuk meraih keberkahan terus digaungkan di Masjid Haji Muhammad Hanafiah Gampong Ranto, Lhoksukon, Aceh Utara, Sabtu dini hari (6/4/2024).

Di tengah gemerlapnya bulan suci Ramadhan, Masjid Haji Muhammad Hanafiah menggelar acara Halaqah di 10 akhir Ramadhan. Halaqah tersebut dilaksanakan pada malam genap, yakni 22, 24, 26 dan 28 Ramadhan.

Kegiatan halaqah ramadhan ini diawali dengan shalat sunat taubat. Shalat taubat dilakukan sebagai bentuk permohonan ampunan dosa, dimana lumrahnya manusia yang tidak luput dari kesalahan dan dosa, bertujuan mengekspresikan penyesalan yang mendalam, dan mendekatkan diri kepada Allah yang merupakan wujud ketulusan hati untuk memperbaiki diri, memohon ampunan. Kemudian dilanjutkan dengan zikir, do'a serta shalawat sampai menjelang sahur bersama. 

Dalam atmosfer penuh kekhusyukan, para jamaah berkumpul merenungi makna dan mendalami ajaran-ajaran Islam menjelang akhir bulan penuh berkah ini. Acara yang digelar di Masjid Haji Muhammad Hanafiah, sebuah landasan spiritual bagi masyarakat setempat, telah menjadi sorotan utama di tengah ramainya ibadah Ramadhan. Dengan tujuan yang jelas, yakni memperkokoh iman dan meraih keberkahan.

Sementara itu, kesaksian dari para peserta mengungkapkan betapa berharganya pengalaman spiritual ini bagi mereka. Dari peningkatan iman hingga penemuan makna baru dalam ibadah, setiap orang merasakan kehadiran keberkahan yang memenuhi ruang Masjid Haji Muhammad Hanafiah.

Imam Besar Masjid Haji Muhammad Hanafiah Ust. Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA kepada media ini mengatakan, kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara Ir. Muhammad Hatta, S.ST., MT dan para pimpinan Zikir Kompas Tgk. Zulkarnaini Ismail, Tgk. Hasboh Razali dan Tgk. Fahrurrazi.

"Tidak hanya sekedar zikir, Halaqah di Masjid Haji Muhammad Hanafiah juga memberikan ruang bagi para peserta untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang bagaimana menerapkan ajaran-ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari," kata Ust. Shaifuddin Fuady.

Dengan tema "Meraih Keberkahan", suasana penuh kehangatan dan kebersamaan turut mewarnai setiap momen dalam acara ini. Halaqah ini juga menjadi sebagai titik puncak Ramadhan yang mendalam, tidak hanya meninggalkan kesan yang mendalam, tetapi juga memperkukuh ikatan keagamaan dan kebersamaan umat Islam di tengah-tengah tantangan zaman.

Selain itu, Halaqah 10 akhir Ramadhan di Masjid Haji Muhammad Hanafiah ini bertujuan untuk meraih ampunan, mendekatkan diri, serta mengharapkan rahmat dan berkah, dan ridha Allah SWT. (Murhaban)