Dosen UIN Ar Raniry Banda Aceh Lulus Seleksi Instruktur Nasional Moderasi Beragama

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Dosen UIN Ar Raniry Banda Aceh Lulus Seleksi Instruktur Nasional Moderasi Beragama

5/09/2024

Banda Aceh - Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Dr. Mawardi, S.Th.I., MA, berhasil melewati serangkaian tahapan dan lulus sebagai salah satu Instruktur Nasional Penguatan Moderasi Beragama.

Proses seleksi peserta Pelatihan Instruktur Nasional Penguatan Moderasi Beragama Angkatan IV dan V Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Balitbang Diklat melewati tahapan seleksi aspek administratif, dokumen, dan wawancara yang telah dimulai sejak 18-27 April 2024.

Mawardi adalah salah satu dari 60 peserta yang dinyatakan lulus se Indonesia dengan jumlah 1.325 peserta yang mendaftar sebelumnya. Ia sekaligus merupakan satu-satunya peserta dari Provinsi Aceh yang dinyatakan lulus, tertuang dalam surat pengumumuman yang ditetapkan dalam Keputusan Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Nomor 26 Tahun 2024, Rabu (8/5/2024).

Motivasinya mengikuti seleksi Instruktur Nasional Moderasi Beragama, Mawardi ingin berkontribusi dalam mempromosikan toleransi, pengertian antar agama, dan perdamaian di masyarakat.

“Alhamdulillahirabbilalamin, yang pertama saya ucapkan rasa syukur, karena telah melewati tahapan seleksi dan dinyatakan lulus sebagai instruktur nasional moderasi beragama tahun 2024 ini," ucap pria yang akrab disapa Pak Mawardi yang juga merupakan pengajar di Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama UIN Ar Raniry.

Dikatakannya, tentu kita harus memiliki keinginan yang kuat untuk membantu membangun komunitas yang inklusif dan saling menghormati, serta ingin menjadi bagian dari upaya untuk mencegah konflik agama dan ekstremisme.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun oleh media ini, Pelatihan Instruktur Nasional Moderasi Beragama ini selanjutnya akan dilaksanakan dua segmen secara berkelanjutan. Segmen I dari 11-16 Mei 2024 di kampus Pusdiklat Ciputat. Segmen II berlangsung dari 17-20 Mei pada hotel di Jakarta.

Untuk diketahui, para peserta yang mendaftar sebagai Instruktur Nasional ini berasal dari berbagai kementerian, lembaga/ormas keagamaan, perguruan tinggi, ormas kepemudaan, madrasah, pesantren, dan masyarakat umum. (Murhaban)