Kunjungi Dinas PMK Bener Meriah, Tim SGI Perkenalkan Aplikasi Smart Gampong


-->

Iklan Utama

Kunjungi Dinas PMK Bener Meriah, Tim SGI Perkenalkan Aplikasi Smart Gampong

Selasa, 15 Juni 2021



Peunawa.com
|REDELONG - Sebelumnya Tim Smart Gampong Indonesia telah  mensosialisasikan sistem Aplikasi Smart Gampong di Kabupaten Aceh Utara tahun 2019, kali ini SGI mengunjungi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Bener Meriah guna memperkenalkan Aplikasi Smart Gampong di Kabupaten setempat, Senin, (14/06/2021).


Program Smart Gampong merupakan satu inovasi yang bertujuan membentuk sebuah sistem informasi Gampong Blang berbasis aplikasi dalam mendukung fungsi dan tugas kantor Geuchik Gampong (Kepala Desa).

Smart Gampong juga mendukung fungsi dan tugas kantor Geuchik, Termasuk Administrasi Kependudukan, Perencanaan, Pelaporan, Pengelolaan Aset, Pengelolaan Anggaran, Layanan surat menyurat, Peta Gampong dan potensi Gampong lainnya yang dapat memudahkan tata kelola administrasi desa di era sekarang ini, aplikasi ini terbilang ringan sehingga mudah di Install di Perangkat Komputer maupun android.

Direktur SGI Ismunazar,SE,.MM melalui Timnya, Muadi Buloh menjelaskan, bahwa sistem aplikasi ini di dedikasikan untuk mendorong terbangunnya keterbukaan informasi desa kepada publik, juga memudahkan aparat dalam mengelola dan mengakses data profil gampong, administrasi desa, dalam sebuah sistem informasi serta pelaporan  elektronik. 

“Alhamdulillah sudah berjalan di beberapa  kabupaten, seperti Aceh Utara, Aceh Tengah, Minahasa Utara dan hari ini di Bener Meriah, alhamdulillah disambut sangat baik oleh, pak Suarman, Kadis DPMK Bener Meriah,” kata Muadi Buloh.

Muadi Buloh berharap, aplikasi smart gampong segera di terapkan dan berjalan di Kabupaten Bener Meriah, dan mendapat dukungan dari pihak-pihak terkait karena memiliki manfaat yang sangat bagus untuk Menunjang kinerja pemerintahan gampong.

“sangat praktis dan memudahkan di era digital ini, misalnya ketika ada mahasiswa yang kuliah di Luar Kota, butuh secarik surat pengantar dari desa, mahasiswa tersebut tidak harus pulang, bisa memalui aplikasi Smart Gampong, dibuat, dikirim, dan langsung bisa di cetak,” ungkapnya.[BM/Y]