Bupati Buka Kegiatan Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Desa Se-Kabupaten Bireuen


-->

Iklan Utama

Bupati Buka Kegiatan Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Desa Se-Kabupaten Bireuen

Senin, 20 September 2021



Peunawa.com | BIREUEN - Kegiatan Penguatan kapasitas Bunda PAUD Desa Se-Kabupaten Bireuen yang diikuti 51 bunda PAUD Desa mewakili 17 kecamatan pada Senin (20/9/2021) di Aula Kompleks Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen dibuka oleh Bupati Bireuen, Dr.H.Muzakkar A.Gani,SH,M.Si. 

Disampaikan Bupati, Bagi Bunda PAUD desa di Kabupaten Bireuen, agar tidak hanya mendidik dalam kontek normatif, tetapi juga dapat memahami sikap, karakter dari anak-anak masih usia dini. 

"Saya harapkan bunda PAUD ini dapat memahami anak secara holistik atau menyeluruh, jika sesuai dengan bakat dan kualitas dimiliki, sehingga dapat diarahkan pola asuhnya," imbuh Bupati Bireuen,Dr.H.Muzakkar A Gani,SH,M.Si mengutip Diskominsa Bireuen.

Bunda PAUD Bireuen, Hj Nurjanah Ali, SE MM mengatakan, PAUD memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia. PAUD wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan memiliki daya saing tinggi. 

"Untuk mewujudkan tata kelola PAUD secara Holistik Intergratif di perlukan kerjasama yang baik antara pihak sekolah, pihak keluarga/wali murid, pemerintahan agar tujuan dari pembelajaran PAUD Holistik Integratif bisa terwujud",tuturnya.

Selama ini PAUD sudah melakukan kerjasama dengan PKK dan Dinas Kesehatan. 

"Saya harap kerjasama semacam ini terus di lakukan dengan lembaga lain, agar PAUD di Bireuen benar-benar menjadi PAUD Holistik Integratif," ujar Bunda PAUD Bireuen. 

Hj Nurjannah Ali juga mengharapkan perhatian keuchik, untuk menyisihkan anggaran operasional untuk pembinaan PAUD di desa/gampong, bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pendidik PAUD. 

"Anak usia dini tidak hanya diberikan dalam satu bidang pendidikan saja, tetapi juga diberikan pelayanan yang mencakup kebutuhan berkaitan dengan kesehatan dan gizi. Pola pengasuhan dan perlindungan untuk anak usia dini itu masih utuh, maka dibutuhkan pendidikan menyeluruh,"jelas Hj.Nurjannah. 

Untuk pembangunan PAUD Holistik Integratif di butuhkan sumber daya manusia yang mempunyai tujuan dari PAUD bisa tercapai yaitu, mewujudkan anak sehat, cerdas, ceria dan memiliki akhlak yang mulia. 

"Saya harapkan peserta pelatihan penguatan kapasitas Bunda PAUD Desa se-Kabupaten Bireuen dapat memperhatikan hal di sampaikan pemateri dan nanti dapat diterapkan di masing-masing PAUD yang di ajarnya," harap Bunda PAUD Bireuen.

Turut hadir Bupati Bireuen, Dr.H.Muzakkar A Gani SH,M.Si, Bunda PAUD Bireuen, Hj Nurjannah Ali, SE MM, Kepala Dinas terkait dan Drs.Saifullah AR,M.Pd sebagai narasumber.(*)