MQK II Tingkat Kabupaten Bireuen Resmi Ditutup, MUDI Peroleh Juara Umum


-->

Iklan Utama

MQK II Tingkat Kabupaten Bireuen Resmi Ditutup, MUDI Peroleh Juara Umum

Sabtu, 25 September 2021



Peunawa.com | BIREUEN - Kegiatan Lomba Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Ke II tingkat Kabupaten Bireuen yang berlangsung mulai 21-24 September 2021 resmi ditutup Bupati Bireuen diwakili Sekda Ir.Ibrahim Ahmad,M.Si di Aula Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh, Peusangan Kabupaten Bireuen pada Jum'at (24/09/2021) sore.

Pada MQK tersebut memperlombakan 10 Bidang perlombakan dan diikuti oleh 87 Santri dari 16 utusan Dayah di Bireuen, dalam hal tersebut Santri Dayah Mudi Mesra mendominasi juara yang diperlombakan hingga terpilih sebagai Juara Umum. Sebelumnya Dayah Ma'hadal Ulu, Diniyah Islamiyah Masjid Raya (MUDI Mesra) mengutus 15 Peserta ke MQK, 13 diantaranya memperoleh juara 1,2 dan 3 sedangkan 2 lainnya memperoleh harapan 2.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Bireuen, H.Jufliwan,SH,MM menuturkan kegiatan MQK II tingkat Kabupaten Bireuen diikuti 87 peserta, unsur Santri dari utusan 16 Dayah di dalam Kabupaten Bireuen dengan 10 bidang perlombaan.

"Para juara diberikan piala dan dana pembinaan,  piala tetap juara umum dan piala bergilir untuk dapat diperebutkan pada tahun yang akan datang, juara 1 akan mewakili Bireuen mengikuti MQK tingkat Provinsi pada 12-17 Oktober 2021 mendatang,"ungkap Jufliwan.

Sekda Bireuen  Ir.Ibrahim Ahmad,M.Si dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan MQK tidak hanya dilihat dari aspek teknis, juga sangat penting memahami isi kandungan dari kitab kuning.

"Peserta yang meraih juara MQK diharapkan dapat jadi pemicu supaya kedepannya lebih berprestasi dan dapat mewakili Bireuen ke tingkat Provinsi dan ke tingkat Nasional,"ujar Sekda Ibrahim.

Dikatakan Sekda, bagi yang belum berhasil meraih juara supaya tidak kehilangan semangat, jangan putus asa dan terus belajar.

Penyerahan piala untuk juara 1,2,3 dan juara umum diterima oleh Tgk.Faisal Murni, Official MUDI Mesra pada Kegiatan MQK tersebut.(*)