Mahasiswa KKN-MK Unimal Kelompok 192 Ikut Partisipasi Pada Posyandu Desa Blang Jambee


-->

Iklan Utama

Mahasiswa KKN-MK Unimal Kelompok 192 Ikut Partisipasi Pada Posyandu Desa Blang Jambee

Sabtu, 20 November 2021

Peunawa.com | IDI - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata -Membangun Kampung (KKN-MK) Kelompok 192 ikut serta dalam membantu kegiatan posyandu di Desa Blang Jambee Kecamatan Julok, Aceh Timur, Sabtu (20/11/2021). 

Kegiatan tersebut dibagi 2 yakni posyandu anak di bawah lima tahun (Balita) dan ibu hamil (Bumil), Posyandu ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak dan memantau perkembangan Bumil, apalagi suasana dalam masa pandemi.

Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa KKN MK Kelompok 192 yaitu Nisya Miftahul Rahmi (Agribisnis), Zubaidah, Maulina( ekonomi pembangunan) Utia Rahmi ( akuntansi ), Rahmaniati (Manajemen)  Nuravivah ( teknik Informatika ), Sri Wahyuni (Agroekoteknologi), dan Cut Novianti (Administrasi Publik), mereka berada di bawah naungan dosen pembimbing  (DPL) Nazaruddin S.Sos., M.A.P.

Secara keseluruhan, protokol kesehatan telah berjalan dengan baik. Penggunaan masker, pengaturan jarak fisik, dan kegiatan mencuci tangan telah melekat jadi satu dengan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan pengukuran lingkar kepala, pemberian imunisasi hingga kegiatan penyuluhan. 

Kelompok KKN 192 mengatakan Melalui kegiatan posyandu, tumbuh kembang balita, status imunisasi dan gizi balita dapat terpantau dengan baik, hal itu penting demi kesehatan sang anak.

"Selain itu, kegiatan posyandu juga sangat penting sebagai upaya untuk mencegah kasus kekerdilan (stunting) dan sangat penting untuk menambah pemahaman masyarakat mengenai tumbuh kembang dan periode emas balita,"tutur salah satu mahasiswa KKN MK 192 Unimal tersebut.

Pemantauan ini dapat dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu. 

"Dengan diadakannya kegiatan posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan balita yang ada di Desa Blang Jambee, "ujar bu Irma Bidan Posyandu. (*)