Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 074 Kunjungi Makam Tgk Cot Dipanyang di Desa Rayeuk Kareung


-->

Iklan Utama

Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 074 Kunjungi Makam Tgk Cot Dipanyang di Desa Rayeuk Kareung

Sabtu, 20 November 2021


Peunawa.com | LHOKSEUMAWE-Mahasiswa Universitas Malikussaleh ( Unimal) kelompok 074 yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Gampong Rayeuk Kareung, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe pada Senin (08/11/2021) mengunjungi tempat bersejarah yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum. 

Tempat bersejarah tersebut yaitu makam Tgk Cot Dipanyang yang terletak di Dusun Alue Glem Gampong setempat, para Mahasiswa KKN menuju lokasi di pandu Tgk M. Yusuf Ismail.

Menurut Tgk M. Yusuf Ismail salah satu warga Rayeuk Kareung, sejarah makam tersebut telah ada sejak sekitaran 200 tahun yang lalu dengan Panjang makam berkisar antara 9 meter. Konon katanya ada beberapa warga yang melihat makam tersebut dijaga oleh seekor harimau putih, namun saat ini harimau putih tersebut sudah jarang menampakan diri. 

Kemudian ada dua kelompok peneliti dari medan dan Palembang yang melakukan penelitian 4 hari dimakam tersebut, karna ada informasi yang mengatakan bahwa di sekitaran makam muncul benda-benda kasat mata seperti pedang rencong. 

Mereka juga melakukan proses penggalian saat benda tersebut menampakan wujudnya. Namun, sayangnya barang tersebut tidak berhasil ditemukan. Warga sekitar dulunya sering menemukan uang logam dirham di sekitaran makam.

Masyarakat setempat juga sering melepaskan hajad di makam Tgk Cot dipanyang, apabila hajat tersampaikan maka orang yang berhajad wajib melepaskannya dengan cara yang dihajadkan, misalnya seperti memotong ayam atau melepaskan ayam di sekitaran makam.

T. Fardiansyah selaku ketua kelompok KKN 074 Unimal mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan masyarakat umum agar lebih memperdalam lagi tentang sejarah-sejarah yang ada di Aceh, terutama sekali tempat sejarah yang berada di desa Rayeuk Kareung.

Anggota kelompok  KKN 074 Unimal yang di damping oleh bapak Dr.Siraj. S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan berjumlah 9 orang dengan Fakultas berbeda, Khadinah Tunnur dari Fakultas Kedokteran, Jurusan Psikologi,  Putri Humaira, Mhd. Faisal  dari Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, T. Fardiansyah, Dimas Farhan Gading, Winda Yanti, Intan Wardiani dari Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Informatika, Nabilla Olivia Sari , Novita dari Fakultas Hukum, Jurusan Ilmu Hukum.(*)