Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa KKN Unimal K-107 Tanami Hortikultura dan Herbal


-->

Iklan Utama

Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa KKN Unimal K-107 Tanami Hortikultura dan Herbal

Minggu, 21 November 2021



Peunawa | LHOKSEUKON - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 107 Universitas Malikussaleh (Unimal) memanfaatkan lahan kosong yang terbengkalai di pekarangan Meunasah Desa Ulee Madon kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara dengan menanami Horltikultura maupun biofarmaka, Rabu (17/11/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam Kegiatan penanaman tanaman muda dan herbal adalah Ayu Andira dari prodi Akuakultur, Lia Missa dari prodi Akuakultur, Rohana Sriyanti dari prodi Akuakultur, Rizawati dari prodi Akuakultur, Tasha Aulia dari prodi Sosiologi, Muhammad Khalid dari prodi Teknik Mesin, Deny Gunawan dari prodi Teknik Mesin, Muhammad Saryulis dari prodi Teknik Mesin, dan Jhon Lenon Topak M dari prodi Agroekoteknologi. Mereka semua dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fidyati, S.Pd.I.,M.Ed.

Ketua kelompok, Muhammad Khalid mengatakan tujuan melakukan hal tersebut agar lahan kosong dipekarangan Meunasah Ulee Madon dijadikan lahan percontohan budidaya sayuran seperti kangkung,  bayam,  kacang panjang, sawi, serta gambas. Sedangkan untuk tanaman herbal yang ditanam berupa serai dan jahe.

"Kami mengharapkan dengan adanya pelaksanaan program tersebut di Desa Ulee Madon,sehingga warga mulai menyadari pentingnya memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah untuk menjadi pekarangan lestari, pekarangan dapat ditanami dengan berbagai jenis tanaman sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan sekaligus dapat meningkatkan ekonomi warga,"tuturnya.

Kegiatan ini sangat di apresiasi oleh Dosen pemmbimbing lapangan (DPL), Fidyati, S.Pd.I.,M.Ed. Semoga kegiatan penanaman tanaman muda dan herbal ini dapat bermanfaat untuk mahasiswa dan warga itu sendiri. (didi)