Saif Al-Islam Gaddafi Daftarkan Jadi Calon Presiden Libya


-->

Iklan Utama

Saif Al-Islam Gaddafi Daftarkan Jadi Calon Presiden Libya

Senin, 15 November 2021

Saif Al-Islam Al-Gaddafi (twitter.com/intelcube)

Peunawa.com | JAKARTA -

Putra

mantan pemimpin Libya Muammar Gaddafi, Saif al-Islam Gaddafi, mendaftarkan diri sebagai calon presiden negara libya pada pemilu tahun 2021 ini yang akan berlangsung pada bulan Desember mendatang, hal ini disampaikan langsung oleh seorang pejabat dari komisi pemilihan Libya.

Mengutip Al Jazeera, majunya Saif sendiri juga telah mendapatkan reaksi dari warga serta tim kampanyenya. Beredar juga foto-foto menunjukkan Gaddafi, dengan janggut abu-abu dan jubah tradisional menandatangani dokumen di pusat pendaftaran di kota Sebha pada Minggu, (14/11/2021).

"Saif al-Islam al-Gaddafi mengajukan pencalonannya untuk pemilihan presiden ke kantor Komisi Pemilihan Nasional Tinggi di kota Sebha," ujar komisi pemilihan.

Pada saat serangan yang berujung pada penggulingan Muammar Gaddafi pada 2011 lalu, Saif juga menjadi salah satu tokoh yang diincar. Ia ditangkap oleh pejuang dari wilayah pegunungan Zintan dan divonis hukuman mati. Namun vonis itu kemudian dibatalkan.

Meski begitu, ia masih dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan pada saat ayahnya berkuasa.

Sementara itu, pemilu Libya yang rencananya diselenggarakan pada 24 Desember mendatang masih dihantui oleh isu-isu ketidakadilan. Bahkan, ada beberapa faksi politik yang meminta agar tanggal pelaksanaan pemilu itu dirubah.

Pihak internasional dan sekretaris jenderal PBB telah memperingatkan bahwa siapa pun yang mencoba menghalangi atau memalsukan hasil pemilu presiden Libya akan menghadapi sanksi. Dalam sebuah konferensi besar di Paris pekan lalu disepakati bahwa pihak-pihak yang mengganggu kelancaran pemilu akan dijatuhi sanksi.

Editor : Redaksi