Peringatan Hari Relawan PMI Disertai Doa Bersama Mengenang Tsunami Aceh


Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Peringatan Hari Relawan PMI Disertai Doa Bersama Mengenang Tsunami Aceh

26/12/21

Ketua PMI Aceh, Murdani Yusuf Pimpin Apel Peringatan Hari Relawan Palang Merah Indonesia


Peunawa.com | JANTHO - Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) diperingati setiap tanggal 26 Desember, hal ini berdasarkan pernyataan Presiden Republik Indonesia pada tahun 2005 setahun pasca bencana Tsunami melanda wilayah Sumatera dan secara Internasional, Hari Relawan diperingati setiap tanggal 5 Desember.

Hal tersebut juga dilakukan PMI Provinsi Aceh yang dirangkai dengan kegiatan temu karya Korps Sukarela (KSR) se-Aceh dan Jumbara Palang Merah Remaja (PMR) se-Aceh Besar di Jantho Panorama park sejak tanggal 24-26 Desember 2021 dengan tema "Bersama Kita #tak terhentikan", puncak kegiatan peringatan Hari Relawan PMI juga dilakukan Doa bersama terhadap korban bencana Gempa dan Tsunami Aceh 17 tahun Silam.

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla melalui Ketua PMI Aceh, Murdani Yusuf dalam sambutan menuturkan para relawan telah berada digaris depan memberikan sumbangsih kemanusiaan dalam tanggap dadurat Covid-19 serta kampanye pencegahan dimasyarakat.

"Rencana Kesiapsigaan dan Respon Covid-19 oleh WHO mengidentifikasi relawan sebagai pemangku kepentingan utama untuk komunikasi risiko dan keterlibatan masyarakat (community engagement), hal ini menunjukkan upaya berharga dan luarbiasa yang menurut WHO dilakukan relawan selama Covid-19,"ujar Murdani Yusuf, Minggu (26/12/2021).

PMI sangat serius "berperang" dalam mencegah penularan wabah Covid-19, semua layanan yang terkait dengan pencegahan dikerahkan untuk memberikan hasil yang maksimal, namun demikian para pengurus, staf dan relawan tidak hanya memikirkan bagaimana menjalakan tugas dengan baik tapi juga harus menjaga diri dari penularan dari Covid-19.

 "Dalam berjuang melawan pandemi covid-19, kita telah kehilangan 55 orang Relawan terbaik yang gugur dalam melaksanakan tugas kemanusiaan diberbagai daerah di Indonesia, semoga Amal baiknya menjadi jaminan surga yang indah dan semangat mereka dapat kita teruskan dalam tugas-tugas kemanusiaan kedepan,"papar Murdani Yusuf.

PMI juga mengharap setiap organisasi yang mempunyai Relasan untuk dapat memberikan penghagaan yang semestinya kepada Relawannya.

"Melalui momentum peringatan Hari Relawan ini, kami mendorong kepada semua jajaran pengurus agar semakin meningkatkan komitmen dalam penguatan kapasitas melalui pembinaan, pelatihan serta dukungan psikososial dalam penugasan dan merangkul semua Relawan dimanapun mereka berada,"tutur Ketua PMI Aceh kembali.

Lebih lanjut ia mengatakan pembinaan Relawan selama ini telah mengalami perkembangan yang signifikan, kita pantas bangga bahwa Relawan telah cukup memberikan nilai tambah dengan penghargaan dan kiprahnya pada berbagai kegiatan lingkup nasional juga internasional.

"Mari bersama-sama kita tingkatkan upaya dalam membina, mengembangkan dan memberikan perhatian yang lebih baik lagi kepada Relawan agar mereka dapat turut serta berkontribusi memajukan organisasi tercinta. Selamat Hari Relawan kepada semua Relawan Palang Merah Indoensia,"tutup Murdani Yusuf. 

Hadir Para Pengurus PMI Aceh, Ketua PMI Aceh Besar, Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ketua PMI Kota Sabang, Ketua PMI Aceh Selatan, Peserta Apel seluruh KSR Se-Aceh, dan PMR Se-Aceh besar. (Fahrol)