Bupati Bireuen Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2022


-->

Peunawa

Iklan Berjalan

Bupati Bireuen Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2022

Selasa, 08 Februari 2022

BIREUEN - Bupati Bireuen, membuka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan se-Kabupaten Bireuen, untuk perdana di Kecamatan Kota Juang, Senin (7/2/2022) pagi di Aula Setdakab Lama.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi saat membuka Musrenbang dihadiri anggota DPRK, asisten, staf ahli, kepala SKPK, Muspika, Keuchik serta berbagai unsur perwakilan dari gampong di Kecamatan Kota Juang, menyampaikan banyak hal penting dan juga menjadi cacatan penting bagi semuanya.

Dijelaskan Bupati, Musrenbang ini adalah kegiatan sudah rutin digelar setiap tahun. Apabila diukur masa kerja kami, akan berakhir jabatan pada tanggal 10 Agustus 2022 dan nantinya akan dijabat PJ Bupati selama 2 tahun.

Oleh karena itu, Bupati Muzakkar mengatakan perlu merencanakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2 tahunan untuk nantinya dapat dilaksanakan oleh PJ Bupati Bireuen.

"Pj Bupati Bireuen adalah orang yang ditunjuk oleh pemerintah maka tidak ada visi-misinya, supaya nanti ada keseimbangan dalam pembangunan, maka sekarang ini kita rencanakan secara stimultan," imbuhnya.

"Cukup bagus bagi kita untuk melihat rencana pembangunan tahun lalu belum tuntas dilaksanakan untuk 2 tahun ke depan dan menjadi peluang  bagi kita bersama untuk selesaikan program belum dapat kita selesaikan sebelumnya," tutur Bupati Muzakkar.

Dikatakan juga Pemerintah Pusat berharap setiap anggaran dari APBK maupun Dana Desa, digunakan untuk pembangunan harus berorientasi terhadap pemulihan ekonomi dan mengendalikan kehidupan sosial masyarakat.

Maka untuk itu pemerintah dari dana desa diarahkan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sehingga isu Covid-19 tidak pengaruhi ekonomi masyarakat.

Setelah anggaran dirasionalisasikan untuk penanganan pandemi Covid-19,  selebihnya digunakan untuk program pembangunan diberbagai sektor yang dibutuhkan masyarakat Bireuen, terang Bupati Muzakkar A Gani.

Bupati juga menyambut baik program usulan hasil Pra Musrenbang yang disampaikan Camat Kota Juang, Musni Syahputra, SIP MEcDev seperti penataan kota Bireuen, penyediaan lahan pedagang kuliner, penanganan banjir dalam Kota Bireuen. "Terkait kuliner ini butuh kepala dinas yang fisioner, untuk penataan lebih lanjut," kata Bupati.

Kata Bupati, untuk penataan upaya telah dilakukan dengan menuntaskan pembangunan gedung PUPR yang beberapa tahun terbengkalai telah selesai dibangun Pemkab Bireuen. Dari APBN juga telah dibangun jalan dua jalur dijalan Bireuen-Takengon.

Pemkab Bireuen tahun 2022 ini telah mengangarkan dana Rp3 milyar untuk penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dilapangan Cot Gapu, selesai nanti dapat digunakan dan juga dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat. Begitu juga pasar ikan lama di Kota Bireuen, telah dibangun kios-kios, diharapkan dapat berfungsi sebagai pasar kering. 

"Untuk mengatasi banjir dalam Kota Bireuen, saya harapkan Adnan Adam Keuchik Bandar Bireuen, mengajak masyarakat dan pemilik toko untuk bergotong-royong. Keuchik Nan, ajak pemilik toko bongkar got diatasnya ditutup semen, agar air bisa mengalir lancar dan mudah dibersihkan secara rutin," imbuh Bupati Muzakkar. 

Begitu juga harapan Camat, terkait jalan akses ke pasar induk berada di Geulanggang Gampong (Cureh), perlu di ganti rugi lahan milik  warga sedikit lagi diujung jalan, guna melancarkan akses bagi masyarakat. 

"Rencana saya lahan itu diganti rugi saja supaya jalan lebih luas, dan juga sekaligus rumahnya dibeli dan nanti
rumah itu kita jadikan untuk kantor pengelolaan pasar," papar Bupati Bireuen. 

Camat Kota Juang Musni Syahputra, SIP MEcDev selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan Musrenbang Kecamatan Kota Juang diikuti 150 peserta, terdiri dari muspika, keuchik,  peutuha tuha peut dan unsur terkait lainnya.

Sedianya Musrenbang digelar di Aula Gedung Serbaguna Kantor Camat Kota Juang, tetapi karena terkendala belum lengkap mobiler butuh adanya pengadaan sehingga digelar di Aula Setdakab Lama, jelas Camat tutut memaparkan juga program prioritas hasil Pra Musrenbang. (*).

Sumber: Diskominsa Kabupaten Bireuen