Ditengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa KPM IAIN Langsa Bantu Ibu Rumah Tangga Buat dan Jual Rempeyek


Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Ditengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa KPM IAIN Langsa Bantu Ibu Rumah Tangga Buat dan Jual Rempeyek

03/02/22

[Foto] Dokumentasi Rempeyek Ibu Khadijah


Peunawa.com | Langsa - Dua Mahasiswa IAIN Langsa dari Prodi Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik di Gampong Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa pada 10 Januari 2022.

Pada Kesempatan tersebut, Dua Mahasiswa IAIN Langsa yakni Ade Sela dan  Lena Farsiyah ikut berpartisipasi membantu ekonomi Keluarga Ibu-ibu rumah ditengah Pandemi Covid-19 dengan menjual Rempeyek.

Dikatakan Ade Sela, ditengah pandemi yang mengharuskan mengurangi aktivitas diluar rumah membuat sebagian Kepala Rumah Tangga ada yang kehilangan mata pencahariannya, namun untuk memenuhi kebutuhan tersebut tidak membuat semangat ibu-ibu berkurang dalam membantu ekonomi keluarga.

"Seperti Buk Khadijah, beliau membantu pendapatan keluarga dengan menjual jajanan ringan seperti keripik ubi, keripik pisang dan rempeyek,"ujar Ade Sela.

Lanjutnya, Rempeyek adalah makanan sejenis gorengan, rempeyek berasal dari komposisi tepung beras, santan hingga menjadi adonan kental, kemudian dibumbui, diberi pengisi kacang.

Sementara Lena Farsiyah ikut membantu membuat dan sekalian menjajakan rempeyek ke kedai-kedai denyan harga Rp.800 perbungkus, kemudian pemilik kedai akan menjualkannya kembali ke konsumen dengan harga Rp.1000 rupiah.

"Jumlah rempeyek dalam 1 bungkus sekitar 3 - 4 rempeyek, sekitar 50-70 bungkus kemasan dititip disetiap kedai dalam 1 minggu 2 kali, keuntungannya sekitar Rp.400.000 perminggu,"ujar Lena Farsiyah Mahasiswa KPM IAIN Langsa.

Saat ini kendala yang dirasakan Khadijah ialah naiknya harga minyak goreng. (Ril)